nusabali

Pemerintah Tambah Kuota Pertalite dan Solar

  • www.nusabali.com-pemerintah-tambah-kuota-pertalite-dan-solar

JAKARTA, NusaBali
Pemerintah resmi menambah kuota BBM jenis pertalite dan solar subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun yang berlaku sejak 1 Oktober 2022.

Penambahan kuota pertalite adalah sebanyak 6,86 juta kiloliter (KL) dari kuota awal 23,05 juta KL. Sedangkan untuk BBM solar subsidi, dari kuota awal tahun ini sebanyak 15,1 juta KL, akan ditambahkan 2,73 juta KL.

"Dengan kondisi perekonomian yang membaik pasca Covid-19, konsumsi BBM baik solar maupun pertalite mengalami lonjakan, sehingga jika tidak ditambah, kuotanya akan habis pada pertengahan Oktober 2022 untuk pertalite, dan pada pertengahan November untuk solar," ujar Kepala BPH Migas, Erika Retnowati saat ditemui di kantornya, Senin (3/10) dilansir CNNIndonesia.com.

Meski kuota bertambah, penggunaan BBM Subsidi Tepat Sasaran tetap harus disosialisasikan dan digencarkan. Erika menegaskan, mereka yang memang mampu agar menggunakan BBM nonsubsidi, karena penggunaan BBM yang tepat pada kendaraan menjadi sangat penting. Selain membuat kinerja mesin mobil lebih baik, juga yang terpenting adalah bahwa subsidi diberikan kepada yang berhak.

Penambahan kuota BBM jenis pertalite dan solar subsidi itu disambut positif oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN) sebagai badan usaha yang mendapat penugasan pendistribusian BBM subsidi.

Penambahan kuota disebut memberikan kepastian ketersediaan BBM subsidi untuk masyarakat yang berhak. "Hal ini tentu saja menjadi berita yang baik untuk masyarakat, tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan pertalite dan solar, penambahan ini diharapkan akan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat sampai akhir tahun," kata Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.

Sebagai informasi, hingga 30 September 2022 (unverified), realisasi solar subsidi sudah mencapai 85,81 persen atau sebesar 12,96 juta KL dari kuota 15,10 juta KL, dengan pertalite sebanyak 95,32 persen atau sebesar 21,97 juta KL dari kuota 23,05 juta KL. *

Komentar