nusabali

TP PKK Bangli Terima Bibit Cabai dari BI

  • www.nusabali.com-tp-pkk-bangli-terima-bibit-cabai-dari-bi

BANGLI, NusaBali
Bank Indonesia (BI) menyerahkan bibit cabai kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta.

Penyerahan ini berlangsung di ruang rapat Krisna Kantor Bupati Bangli, Selasa (4/10). Acara tersebur dihadiri oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta.  Hadir pula, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, diwakili Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Provinsi Bali Dony H Heatubun, Ketua GOW Kabupaten Bangli Ny Suciati Diar, Pimpinan OPD Terkait, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bangli dan perwakilan TP PKK Desa di Kabupaten Bangli.

Bibit cabai yang diterima Ketua TP PKK Bangli, selanjutnya diserahkan secara berjenjang kepada Ketua TP PKK Kecamatan kepada TP PKK Desa/Kelurahan dan KWT pada empat Kecamatan di Kabupaten Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak BI atas kerjasamanya dalam hal pengendalian inflasi dengan memberikan bantuan bibit pohon cabai kepada TP PKK Kabupaten dan Kelompok Wanita Tani yang ada di Kabupaten Bangli. "Sesuai arahan Bapak Presiden, kami di Kabupaten Bangli juga telah mengalokasikan Dana Transfer Umum untuk mendukung kegiatan pengendalian inflasi daerah," ungkapnya.

Kata Bupati Sedana Arta, kegiatan ini terbagi pada beberapa OPD sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Pemerintah telah memiliki beberapa instrumen untuk mengendalikan inflasi baik melalui kebijakan fiskal dan non fiskal. Dia minta semua lini masyarakat juga harus bergerak untuk mengatasi dampak inflasi supaya tidak berkepanjangan. Caranya, berhemat dan berorientasi pada kebutuhan.

Tegasnya, di tengah gejolak kenaikan harga-harga bahan baku energi, mengharuskan masyarakat untuk memanfaatkan barang dan jasa seperlunya. Selain itu, meningkatkan produktivitas untuk mendapatkan alternatif tambahan pendapatan.  

"Terkait dengan bantuan bibit cabai dari Bank Indonesia ini, kami berharap dapat menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan. Salah satunya menanam pohon cabai sehingga ketergantungan terhadap kebutuhan di pasar bisa dikurangi dan ancaman inflasi dapat dilawan," kata politisi PDIP ini.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali yang diwakili Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Provinsi Bali Dony H Heatubun  mengatakan, BI mengapresiasi langkah Pemkab Bangli dan juga Ibu-ibu PKK. Karena telah mendukung dan kerjasama untuk pengendalian inflasi di Bali, khususnya di Bangli.

Menurut Dony, dengan bantuan bibit cabai ini, pihaknya melaporkan bahwa BI Provinsi Bali membagikan 70.000 bibit cabai se-Bali. Sedangkan untuk PKK dialokasikan sekitar 35 persen atau 30.000 bibit cabai ke semua kabupaten/kota di Bali. Selebihnya, didistribusikan kepada pasraman, pondok pesantren, subak, dan binaan BI.  

"Kegiatan ini dilakukan karena berdasarkan siklus inflasi biasanya diakhir tahun seperti November dan Desember, angka inflasinya itu tinggi. Diharapkan dengan menanam cabai, kita bisa mengendalikan inflasi khususnya komoditas pangan," jelasnya.*esa

Komentar