nusabali

Jegog Jembrana Siap Meriahkan G20

  • www.nusabali.com-jegog-jembrana-siap-meriahkan-g20

NEGARA, NusaBali
Jegog sebagai salah satu kesenian khas Kabupaten Jembrana, dipastikan ambil bagian dalam memeriahkan kegiatan Presidensi G20.

Rencananya, kesenian khas Kabupaten Jembrana ini akan ditampilkan pada event World Conference on Creative Economy (WCCE) yang akan dilaksanakan di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, pada 5–7 Oktober 2022.  Hal tersebut disampaikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat menyaksikan latihan kesenian jegog di Angkringan Negaroa Bahagia, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Senin (3/10) malam. Pada kesempatan itu, Bupati Tamba menegaskan agar para seniman jegog memberikan penampilan terbaik.

“Atraksi budaya jegog Jembrana ini akan tampil di WCCE di Nusa Dua dalam rangkaian kegiatan G20. Tentunya, kebutuhan audience internasional beda dengan kita. Selain mendengarkan alunan musiknya, juga menyaksikan atraksi dari para penabuhnya,” ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, ini.

Lebih spesifik, Bupati Tamba meminta kepada para penabuh agar menampilkan jegog yang penuh semangat. Sehingga dapat memberikan aura yang positif terhadap kegiatan yang diselenggarakan. “Saya minta kepada teman-teman, harus menunjukkan sebagai masyarakat Jembrana yang memiliki semangat dan kesantunan yang tinggi,” tandas Bupati Tamba yang juga Pembina Yayasan Jegog Jembrana.

Sementara Ketua Yayasan Jegog Jembrana I Ketut Suarda juga berpesan kepada para penabuh agar tetap fokus menampilkan pertunjukan yang terbaik. Terlebih kesempatan tampil di salah satu event serangkaian G20 itu, merupakan salah satu kesempatan yang sangat luar biasa.

“Kita harus tampil semaksimal mungkin. Karena ini acara bertaraf dunia. Jadi persiapannya harus matang dan tidak boleh ragu. Serta tetap semangat seperti jegog. Selain itu, keklasikan jegog yang hanya ada di Jembrana ini ya juga harus ditampilkan,” tandas Suarda. *ode

Komentar