nusabali

Diduga Gangguan Jiwa, Seorang Bule Diamankan

  • www.nusabali.com-diduga-gangguan-jiwa-seorang-bule-diamankan

MANGUPURA, NusaBali
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung mengamankan seorang wisatawan asing (WNA) di Jalan Tegal Gundul, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, pada Senin (3/10) sore.

Bule yang tidak memiliki identitas itu dinilai meresahkan masyarakat. Dugaan awal bule tersebut mengalami gangguan kejiwaan. Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan bule yang tidak memiliki identitas itu diamankan berdasarkan laporan masyarakat. Dalam beberapa hari, jelas Suryanegara, bule itu kerap mondar-mandir di seputara Tibubeneng tanpa tujuan jelas, bahkan WNA itu kerap meracau. Mengantisipasi hal tidak diinginkan, akhirnya bule itu diamankan.

“Setelah mendapat laporan, tim langsung turun ke lokasi Senin sore pukul 17.00 Wita. Saat diamankan tanpa perlawanan. Namun, selama proses evakuasi, dia terus ngomong sendiri,” jelas Suryanegara, Selasa (4/10).

Melihat kondisinya yang meracau terus menerus, Satppl PP pun langsung mengevakuasi bule itu ke RSUP Prof Ngoerah untuk mendapat penanganan, apalagi diketahui tidak memiliki identitas lengkap. Usai dievakuasi, Satpol PP juga berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai untuk pendalaman terkait asal-usul bule tersebut. “Identitas tidak ada, makanya kami sebut WNA itu Mr X. Saat ini masih ditangani di RSUP Prof Ngoerah, karena meracau dan tempramental. Saat ditanya asal, dia tidak jawab, namun terus meracau,” kata Suryanegara.

Meski saat ini sudah berkoordinasi dengan Imigrasi, namun pemantauan masih terus dilakukan agar tidak kabur dan kembali menggelandang di wilayah Badung. Nanti setelah dilakukan penanganan medis, baru diserahkan ke Imigrasi untuk pendalaman lebih lanjut, terutama terkait identitas dan asalnya. “Saat ini masih dirawat intensif. Kami terus berkoordinasi dengan tim medis di sana (RSUP Prof Ngoerah),” kata mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung ini. *dar

Komentar