nusabali

Kapolda Kumpulkan Bhabinkamtibmas se-Bali

  • www.nusabali.com-kapolda-kumpulkan-bhabinkamtibmas-se-bali

DENPASAR, NusaBali
Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengumpulkan para Bhabinkamtibmas dan fungsi Binmas jajaran Polda Bali, di ruangan rapat Rupatama, Polda Bali, Jalan WR Supratman Nomor 7 Denpasar, Selasa (4/10).

Personil yang merupakan garda terdepan Polri yang hadir langsung di tengah masyarakat itu diberikan arahan dalam meningkatkan kondusifitas wilayah menjelang acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) 15-16 November 2022 ini.

Para personil dikumpulkan karena memiliki peran sangat penting dalam menjaga Kamtibmas. Para personil ini dipersiapkan untuk gencar hadir ke tengah masyarakat menyerap aspirasi dan mendalami persoalan yang sedang terjadi. Harapannya, setiap persolan kecil di tengah bisa segera diselesaikan olah fungsi Binmas.

Dalam arahan Kapolda Bali yang sampaikan oleh Dirbinmas Polda Bali Kombes Pol Arsdo Ever P Simatupang menekankan beberapa hal. Para personil Binmas meningkatkan profesionalismenya saat bertugas di lapangan. Para personil juga diminta untik melatih kewaspadaan sehingga diperlukan adanya kerjasama kemitraan dengan masyarakat dalam menjaga serta mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas.

Kapolda juga meminta para personel Bhabinkamtibmas harus mempunyai ketrampilan dasar, diantaranya melakukan ketrampilan berkomunikasi, mediasi negosiasi, meredam konflik serta ketrampilan lainnya. Bhabinkamtibmas dan jajaran Binmas lainnya diharapkan dapat memecahkan setiap masalah serta mencari solusi pemecahan masalah agar tidak berkembang menjadi masalah besar.

"Apabila pengetahuan dan ketrampilan tersebut dapat diaplikasikan di lapangan diharapkan para personel Bhabinkamtibmas yang lansung berhadapan dengan masyarakat mampu menganalisis setiap permasalahan yang timbul bersama dengan para tokoh masyarakat dan komponen yang ada dimasyarakat," harap Kapolda.

Sebagai wujud apresiasi dalam pengiriman laporan, dalam kegiatan itu juga Dirbinmas menyerahkan piagam penghargaan kepada 5 personel Bhabinkamtibmas yang telah mengirimkan pelaporan terbanyak pada aplikasi BOS (Binmas online system). *pol

Komentar