nusabali

Rangkaian HUT TNI ke-77, Kodam Udayana Kumpulkan 143 Kantong Darah

  • www.nusabali.com-rangkaian-hut-tni-ke-77-kodam-udayana-kumpulkan-143-kantong-darah

DENPASAR, NusaBali
Menyambut HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada 5 Oktober (hari ini) Kodam IX/Udayana menggelar donor darah, Senin (3/10).

Kegiatan yang digelar di Makesdam IX/Udayana, Jalan PB Sudirman, Denpasar berhasil mengumpulkan 143 kantong darah dari total 189 peserta yang hadir. Rinciannya 33 kantong golongan darah A, 41 kantong golongan darah B, 10 kantong golongan darah AB, dan 59 kantong golongan darah O.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapoksahli Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Hardian Achmadi mengatakan menyumbangkan darah berarti turut menyelamatkan nyawa orang lain. Sebab, setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang.

"Donor darah yang kita laksanakan ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun ke 77 TNI. Darah yang terkumpul dari kegiatan ini, disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Provinsi Bali," jelas jenderal bintang dua di pundak ini dalam acara yang dihadiri para pejabat di lingkungan Kodam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, dan undangan lainnya.

Jenderal lulusan Akmil 1990 ini mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bidang penyediaan darah. Jika ditinjau dari segi kesehatan, donor darah juga memiliki manfaat positif bagi pendonor.

"Mengingat manfaatnya sangat besar, maka saya mengajak kepada hadirin untuk melaksanakan donor darah secara rutin dan berkala. Semoga niat tulus dari para pendonor untuk membantu sesama ini mendapatkan berkah dan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa," ungkap mantan Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN periode 2021—2022 ini.

Sementara, Selasa (4/10) pagi, rombongan Kodam IX/Udayana dipimpin langsung oleh Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto menggelar ziarah Monumen TMP Pancaka Tirta, Tabanan. Di lokasi, rombongan mengheningkan cipta, meletakan karangan bunga di Monumen TMP Pancaka Tirta oleh Inspektur Upacara, doa, dan diakhiri penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan. Sebelum pulang, rombongan tabur bunga ke pusara para pahlawan. *pol

Komentar