nusabali

Presiden IPU ke Pura Besakih

Terbang Khusus ke Bali, Sebelum Hadiri P20 di Jakarta

  • www.nusabali.com-presiden-ipu-ke-pura-besakih

AMLAPURA,NusaBali
Presiden IPU (Inter Parliamentary Union) Duarte Pacheco secara khusus datang ke Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Redite Umanis Kelawu, Minggu (2/10) malam.

Pacheco didampingi Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana. Kehadiran Pacheco di Pura Besakih merupakan rangkaian kegiatan padatnya, sebelum menghadiri kegiatan P20 di Jakarta 5-7 Oktober mendatang. Saat tiba di Bali, Minggu pukul 19.00 Wita, dia langsung dijemput Supadma Rudana dan langsung meluncur ke Pura Besakih. Menggunakan pakaian adat, saat di Pura Besakih, kedua politisi ini melaksanakan doa untuk kelancaran perhelatan P20 yang akan dilaksanakan di Jakarta, 5-7 Oktober.

Pacheco juga sempat berkeliling didampingi pemangku di Kawasan Pura Besakih. Presiden IPU asal Portugal ini menyatakan kekaguman dengan kemegahan Pura Besakih. Pura terbesar di Bali ini juga disebutkan Pacheco memiliki aura dan vibrasi kuat, sehingga menjadi inspirasi menyebar perdamaian.

“Dari Bali kita sebarkan semangat kebersamaan mendoakan perdamaian dunia. Pacheco merasakan Pura Besakih memiliki taksu (vibrasi) luar biasa. Beliau bela-belain malam-malam hadir ke Besakih, Karangasem untuk mendorong wacana perdamaian dunia, penyelesaian isu-isu penting seperti soal ancaman krisis pangan, perubahan iklim. Ke Pura Besakih ini boleh dikatakan sebagai langkah niskala kita untuk dunia,” ujar Supadma Rudana dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/10).

Anggota Komisi VI ini mengatakan, Indonesia akan bertindak sebagai Presidensi pada G20 yang akan digelar November di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Selain itu, parlemen dari negara-negara G20 juga menggelar acara di Jakarta 5-7 Oktober. Diharapkan kegiatan internasional itu bisa membawa berkah bagi Bali dan Indonesia. “Saya mewakili parlemen Indonesia, selalu mendorong dialog perdamaian untuk negara-negara yang dilanda perang. Seperti perang Rusia dan Ukraina kita harap ada solusi untuk perdamaian. Dari Bali untuk dunia, vibrasi Bali akan memberikan aura dan kekuatan bagi negara-negara P20 untuk mencari solusi mengatasi isu-isu terkini. G20 dan P20 kita harapkan juga membawa berkah bagi Bali dan Indonesia,” ujar politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar ini.*nat

Komentar