nusabali

GOR Debes Venue Tiga Cabor

  • www.nusabali.com-gor-debes-venue-tiga-cabor

TABANAN, NusaBali
KONI Tabanan menjadikan area GOR Debes sebagai venue tiga cabang olahraga dalam ajang Porprov Bali XV/2022, pada November.

Yakni, yakni bola voli indoor, petanque, dan dancersport. Sedangkan cabor lainnya berlangsung secara terpisah, yaitu panjat tebing di Lapangan Alit Saputra Tabanan, balap sepeda MTB di Bedugul, balap sepeda BMX di Sirkuit Tengkudak, balap sepeda Criterium di Jalan Ngurah Rai Kediri, Balap Sepeda Road Race Jalan Pahlawan-Bedugul, dan Balap Motor di Sirkuit Tengkudak Tabanan.

Ketua Umum KONI Tabanan, Dewa Gede Ary Wirawan didampingi Sekum I Made Nurbawa pada Minggu (2/10) mengatakan, KONI Tabanan secara umum dapat jatah menggelar enam cabor. Sedangkan khusus balap sepeda di berbagai lokasi berbeda karena menyesuiakan kategori perlombaan.

"Ada tiga cabor bagi kami sangat mudah memantu. Ketiganya akan dipusatkan digelar di GOR Debes Tabanan, untuk voli indoor, petanque, dan dancesport," tegas Ary Wirawan.

Meskipun waktu pelaksanannya berbeda, kata Ary Wirawan, pihaknya lebih menyemarakkan gaung pesta olahraga multi event dua tahunan antar kabupaten/kota itu. KONI Tabanan akan menyulap kawasan GOR Debes khususnya menjadi sebuah kampung olahraga.

Dimana tak sekadar ada pertandingan semata, melainkan nantinya ada edukasi tentang olahraga serta yang terpenting adalah memanage penonton. Prediksinya, dari 3 cabor yang dihelat itu, penonton paling banyak akan menyerbu pertandingan bola voli indoor yang dilaksanakan 18-27 November nanti.

Menurut Ary Wirawan, voli diyakini akan menyedot penonton dalam jumlah banyak dan ini sellau digemari oleh masyarakat dalam tiap event gelaran Porprov. Bahkan itu sudah terjadi dari Porprov ke Porprov, bahkan mulai penyisihan hingga final juga diprediksi dihadiri penonton dalam jumlah banyak. Seperti tahun 2019 lalu, saat GOR Debes Tabanan yang baru digunakan untuk lokasi bertanding, penonton penuh dengan kehadiran yang cukup membludak.

Untuk itu pihaknya memiliki konsep bagaimana memanage penonton agar nyaman dan senang ketika berada di venue sebelum atau setelah pertandingan. Rencananya di sekeliling pintu depan GOR Debes akan dipajang foto-foto cabang olahraga saat pertandingan. Kemudian di luar GOR namun masih dalam satu kawasan, akan dibuatkan pameran berupa stand-stand UMKM termasuk stand yang menjual perlengkapan olahraga.

Kata dia, di stand-stand ini juga akan pajang beberapa foto momen olahraga termasuk informasi, profil atlet atau cabor serta edukasi mengenai olahraga. Sehingga nantinya ada situasi nuansa berbeda dibandingkan dengan venue cabor lainnya pada Porprov nanti. *dek

Komentar