nusabali

Bangli Rancang Perbaikan 2 Bendungan

  • www.nusabali.com-bangli-rancang-perbaikan-2-bendungan

BANGLI, NusaBali
Dua bendungan yakni Bendungan Tunggak Alas, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, dan Bendungan Tingkad Batu, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, kini rusak.

Perbaikan dua bendungan ini kini masuk tahap perencanaan Pemkab Bangli. Fungsional Teknik Bidang Irigasi dan Sumber Daya Air Dinas PUPR Perkim Bangli Ida Bagus Adnyana mengatakan hujan lebat yang terjadi beberapa bulan lalu mengakibatkan dua bendungan itu rusak. Meski kondisi bendungan rusak, air masih bisa mengaliri lahan persawahan, namun tidak optimal.

Menurut IB Adnyana Bendungan Tingkad Batu untuk memenuhi kebutuhan air di Tingkad Batu. Sedangkan Bendungan Tunggak Alas mengaliri lahan persawahan Subak Bebalang hingga Jelekungkang, Desa Tamanbali, Bangli

Terkait perbaikan, IB Adnyana mengatakan saat ini masih dalam tahap perencanaan. "Di APBD Perubahan 2022 dialokasikan anggaran Rp 89 juta untuk perencanaan," jelasnya Minggu (2/10). Lebih lanjut, perbaikan disesuaikan dengan ketersedian anggaran daerah. Diperkirakan untuk perbaikan Bendungan Tingkad Batu membutuhkan anggaran sekitar Rp 1,2 miliar dan Bendung an Tunggak Alas sekitar Rp 1,5 miliar.

Terkait itu, Dinas PUPR Perkim Bangli bersama anggota subak dan aparat desa rutin turun membersihkan jaringan irigasi. Kegiatan pembersihan jaringan irigasi dilakukan untuk menjaga jaringan irigasi, sekaligus pengecekan kemungkinan ada kerusakan. "Kegiatan pembersihan jaringan irigasi dilakukan setiap dua minggu dan bergilir di tiga kecamatan,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk merangsang krama subak agar bisa membersihkan jaringan secara mandiri dan berkelanjutan. "Di beberapa lokasi ternyata ditemukan masih banyak saluran irigasi kurang terawat. Banyak juga saluran irigasi dekat bahu jalan hingga mengalami pendangkalan," kata IB Adnyana. *esa.

Komentar