nusabali

Bale Pesandekan Pura Dalem Basang Be Roboh

  • www.nusabali.com-bale-pesandekan-pura-dalem-basang-be-roboh

Kendati tidak berlangsung lama, namun hujan disertai angin kencang membuat bale pesandekan Pura Dalem roboh dan sejumlah pohon bertumbangan.

TABANAN, NusaBali

Hujan disertai angin kencang yang melanda Desa Perean Kangin, Kecamatan Baturiti, Tabanan pada Sabtu (1/10) siang berdampak robohnya bale pesandekan di Pura Dalem Banjar Basang Be yang baru dibangun dua tahun silam. "Hujan deras sekali, tetapi tidak lama. Hujan juga disertai petir,” ungkap Perbekel Perean Kangin I Ketut Astra.

Selain bangunan berukuran 1- x 5 meter, tembok panyengker pelinggih sepanjang 5 meter juga roboh. Bahkan sejumlah pohon bertumbangan di Banjar Basang Be dan Banjar Anyar. “Pohon tumbang terjadi di lima titik. Diameter pohon yang tumbang rata-rata 30 centimeter, dan ada yang menimpa kandang ayam," ungkap Astra.

Meskipun pohon yang tumbang cukup banyak, namun  tak sampai membuat bangunan rusak parah. Terkait kondisi tersebut, aparat desa dan masyarakat langsung melaksanakan kerja bhakti untuk proses evakuasi. "Kami sudah laporkan kejadian ini lewat grup (Whats App) yang ada Pak Bupati, untuk surat menyurat akan kami susul supaya mendapatkan penanganan dari pemerintah utamanya bangunan bale pesandekan itu," kata Astra.

Sementara itu akibat angin kencang tersebut, pohon juga bertumbangan di Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga. Tercatat 10 pohon bertumbangan. "Pohon yang tumbang tidak ada menimpa bangunan semua tumbang ke jalan," ungkap Perbekel Cau Belayu I Putu Eka Jayantara.

Menurutnya pohon bertumbangan terjadi sekitar pukul 13.00 Wita. Saat itu kawasan Desa Cau Belayu hujan diserta angin kencang. "Kami sudah tangani seluruh pohon, karena pohon tumbang ke jalan serta menimpa kabel. Kami juga tangani bersama PLN," tandas Eka. *des

Komentar