nusabali

Jenis dan Cara Memilih Besi Beton Terbaik

  • www.nusabali.com-jenis-dan-cara-memilih-besi-beton-terbaik

TANGERANG, NusaBali.com - Anda mungkin sudah sering menggunakan besi beton atau rebar / concrete steel sebagai material konstruksi. Tetapi apakah besi yang anda gunakan sudah sesuai fungsinya.

Material konstruksi yang sering disebut sebagai besi tulang beton ini memang telah lama menjadi andalan untuk berbagai proyek konstruksi. Selain itu, banyak tersedia pilihan rebar dengan berbagai dimensi dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak jenis dari besi ini dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Jenis-Jenis Beton
 
Biasanya rebar memiliki panjang standar 12 meter. Diameter beton yang umum digunakan adalah 8 mm dan 10 m. Rebar dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu polos dan ulir. 

1. Rebar Polos 

Rebar polos adalah besi tulangan beton berpenampang bundar dengan permukaan rata tidak bersirip/berulir. Rebar ini memiliki permukaan yang licin dan mulus. Penampangnya berbentuk bundar mulus. Beton polos biasanya digunakan untuk membungkus dan mengikat beberapa batang besi beton ulir dalam satu konstruksi beton. 

2. Rebar Ulir 

Rebar ulir adalah baja tulangan beton yang permukaannya memiliki sirip/ulir melintang dan memanjang yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya lekat dan guna menahan Gerakan membujur dari batang secara relatif terhadap beton. Rebar ulir kurang lentur dan sulit untuk dibengkokkan sehingga pemasangannya sulit. 

Cara Memilih Ukuran Besi Beton Terbaik 

Dengan adanya standar SNI concrete steel, semua produksi yang dihasilkan dijamin akan punya standar dan kualitas yang sama baiknya. Tidak mengherankan jika saat ini banyak merk harga besi 10 beton yang terjual di pasaran. Dari segi harga, harga rebar polos dan bertekstur  juga tidak jauh berbeda. 

1. Daftar Merk Rebar SNI 

Sebagai panduan, anda bisa membeli rebar dari daftar merk SNI yang biasa dijual berikut ini: 

- Rebar KS atau Krakatau Steel yang paling terkenal 
- Rebar MS 
- Rebar HJ 
- Rebar MSI 
- Rebar HSHI 

Kelebihan Besi Beton dalam Konstruksi


2. Kode Rebar dan Warnanya 

Selain memahami arti kode rebar dan standar SNI pada produknya, anda juga bisa memilih rebar berdasarkan warnanya. 

Berikut ini panduan memilih rebar berdasarkan warnanya: 
- Kelas rebar BjTP 24 dengan warna hitam 
- Kelas rebar BjTP 30 & BjTD 30 dengan warna biru 
- Kelas rebar BjTD 35 dengan warna merah 
- Kelas rebar BjTD 40 dengan warna kuning 
- Kelas rebar BjTD 50 dengan warna hijau 

3. Mempertimbangkan Detail dan Kebutuhan 

Setelah mengetahui arti kode, ukuran, berat besi siku dan standarnya maka saat ini anda tinggal memilih rebar yang sesuai dengan kebutuhan. 

Berikut ini cara memilih rebar:
 
- Memastikan dulu jenis beton yang digunakan sesuai dengan kebutuhan 
- Pilihlah merk concrete steel berkualitas yang sudah banyak dipercaya orang dan digunakan oleh berbagai proyek konstruksi 
- Pahami soal harga masing-masing merk rebar dan carilah perbandingan di tempat lainnya serta informasi sebanyak-banyaknya agar tidak tertipu 
- Perhatikan ukuran diameter serta panjang rebar agar kekuatan tegangan yang dihasilkan bisa sesuai dengan kebutuhan.

FAQ 

Apa fungsi besi beton untuk pengecoran?

-Besi beton diperlukan untuk mengimbangi kenyataan bahwa walaupun beton kuat dalam tekanan, ia relatif lemah dalam tarikan. Dengan pengecoran besi beton ke beton, ia mampu membawa beban tarik dan meningkatkan kekuatan secara keseluruhan.

Apa keunggulan beton?

-Kelebihan beton diantaranya dapat dengan mudah dibentuk sesuai kebutuhan, mampu memikul beban yang Page 2 7 berat, tahan terhadap suhu tinggi, dan bianya pemeliharaan yang relatif murah.

Komentar