nusabali

Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang di 4 Desa Kecamatan Abiansemal

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-pohon-tumbang-di-4-desa-kecamatan-abiansemal

MANGUPURA, NusaBali.com – Hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Kecamatan Abiansemal sejak siang hari mengakibatkan beberapa pohon di tepi jalan tumbang menimpa rumah warga dan sebagian menutupi jalan raya di empat desa.

Polsek Abiansemal menerima beberapa laporan pohon tumbang dari warga sejak Sabtu (1/10/2022) pukul 15.00 Wita. Laporan tersebut berasal dari empat desa yakni Desa Selat, Desa Blahkiuh, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, dan Desa Abiansemal.

Untuk di wilayah utara Kecamatan Abiansemal seperti Desa Selat kemudian ke selatan seperti Desa Blahkiuh dan Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, pohon tumbang yang berposisi di tepi jalan menimpa rumah warga dan sebagian menutupi jalan. Beruntung atas kejadian di tiga wilayah tersebut tidak ada korban jiwa.

Kata salah satu pemilik rumah yang tertimpa pohon waru raksasa di Banjar Belawan, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, I Made Subagia, keluarganya sudah memohon kepada pihak terkait agar pohon tersebut ditebang karena membahayakan apabila tumbang. Namun, sampai sekarang ia belum menerima respons dan tindak lanjut.

“Dari dulu sudah kami minta agar ditebang, apalagi ini di samping rumah dan membahayakan,” ungkap Subagia kepada Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra saat rumahnya diatensi, Sabtu sore.

Sedangkan untuk Desa Abiansemal, tepatnya di Banjar Juwet, akibat cuaca ekstrem tersebut terdapat Rumah Joglo roboh dan mengakibatkan satu orang mengalami luka-luka dan saat ini sudah dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Merespons kejadian ini, Polsek Abiansemal tengah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini BPBD Kabupaten Badung lantaran kepolisian tidak memiliki sarana pendukung untuk memitigasi bencana akibat curah hujan dan kecepatan angin yang tinggi tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membersihkan pohon-pohon tumbang tersebut bersama-sama,” tegas Kompol Sudarma Putra ketika dikonfirmasi, Sabtu sore.

Mantan Kapolsek Negara, Kabupaten Jembrana ini menghimbau agar warga dan pengguna jalan selalu waspada ketika beraktivitas di tengah cuaca ekstrem yang rentan mengakibatkan peningkatan angka kecelakaan dan pohon tumbang.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga keselamatan. Bagi pengguna jalan agar berhati-hati mengingat sedang cuaca ekstrem dan pohon-pohon rentan tumbang,” tandas Kompol Sudarma Putra. *rat

Komentar