nusabali

Ketua Satgas PMK Buka Pasar Hewan Bebandem

  • www.nusabali.com-ketua-satgas-pmk-buka-pasar-hewan-bebandem

AMLAPURA, NusaBali
Ketua Satuan Tugas PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) Karangasem yang juga Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta resmi membuka aktivitas Pasar Hewan Bebandem di Banjar Desa, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem Jumat (30/9), pukul 05.00 Wita.

Hari pertama, menampung 85 ekor sapi, laku 61 ekor dengan nilai transaksi Rp 297,4 juta. Sedana Merta mengingatkan para makelar dan pembeli tetap menjaga sapi yang masuk Pasar Hewan Bebandem. “Pastikan sapi yang dibawa ke Pasar Hewan Bebandem adalah sapi yang sehat,” pinta Sedana Merta. Seluruh sapi yang masuk Pasar Hewan Bebandem disemprot disinfektan agar terbebas dari PMK. Ketua Satgas PMK juga mengajak petugas kesehatan hewan menetralisir virus lengkap dengan alat semprot. Jika ada sapi dengan gejala mencurigakan, segera laporkan ke petugas kesehatan hewan untuk dicek.

Aktivitas Pasar Hewan Bebandem dimulai pukul 01.00 Wita, hingga pukul 09.00 Wita. Ketua Satgas PMK I Ketut Sedana Merta membuka Pasar Hewan Bebandem didampingi Kadis Koperasi dan UKM Perindustrian dan Perdagangan Karangasem I Gede Loka Santika, dan petugas Satgas PMK. Gede Loka Santika mengatakan, di Karangasem ada tiga pasar hewan. Pasar Hewan Pempatan di Banjar/Desa Pempatan, Kecamatan Rendang buka tiap Rabu, mengawali buka pada Rabu (5/10) dan Pasar Hewan Rubaya di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, buka tiap Kajeng, mengawali buka, Sabtu (1/10). *k16

Komentar