nusabali

Wakil Walikota Denpasar Ajak Masyarakat Selalu Ingat Ideologi Negara Indonesia

Arya Wibawa Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Lumintang

  • www.nusabali.com-wakil-walikota-denpasar-ajak-masyarakat-selalu-ingat-ideologi-negara-indonesia

DENPASAR, NusaBali.com – Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Lumintang, Sabtu (1/10/222) pagi, dengan Inspektur Upacara Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

Mulai dari kalangan siswa yakni SD sampai SMA, ASN Pemkot Denpasar, Pecalang, Seka Teruna hingga Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar dilibatkan dalam upacara.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, mengungkap upacara Hari Kesaktian Pancasila adalah satu momentum yang tepat merenungkan kembali makna Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara yang lahir berkat perjuangan seluruh elemen bangsa. 

“Kami juga melihat dan melibatkan anak-anak pramuka, siswa SD, SMP dan SMA kemudian juga dari Seka Teruna yang kami libatkan dalam upacara bendera dengan tujuan untuk  menumbuhkan rasa kesetiaan terhadap Ideologi Pancasila dan UUD 1945,” ujar Arya Wibawa ditemui seusai upacara.

Orang nomor dua di Kota Denpasar itu menandaskan, bahwa proses pendirian negara sampai saat ini terdapat gangguan-gangguan yang mencoba untuk merongrong kesetiaan warga Negara Indonesia terhadap Pancasila dan UUD 1945.


Agar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) senantiasa kokoh berdiri, Arya Wibawa meminta masyarakat benar-benar mengingat dan mengamalkan Pancasila.

“Oleh karena itu, dengan momentum peringatan hari Kesaktian Pancasila hari ini kita mengingatkan masyarakat untuk selalu ingat bahwa dasar negara, Ideologi Negara kita adalah Pancasila yang kita cintai bersama,” ujar Arya Wibawa yang juga Politisi PDI Perjuangan.

Kepada generasi milenial, alumnus Universitas Udayana itu berpesan kepada anak muda untuk selalu melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. 

Dirinya menyebutkan, Pemerintah Kota Denpasar saat ini telah mencanangkan kegiatan Denpasar Youth Festival 2022 (D’Youth)  pada akhir Oktober mendatang.

“Kegiatan itu sekaligus menjadi rangkaian dari acara Sumpah Pemuda dan Kesaktian Pancasila yang juga memiliki tujuan untuk selalu mengingatkan anak-anak muda Denpasar untuk setia kepada Pancasila dan juga mengingat Pancasila selalu,” pungkas Arya Wibawa.

Dalam peringatan tahun ini, juga disampaikan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede. Naskah ikrar tersebut menyuarakan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.*ris

Komentar