nusabali

Vaksinasi PMK Sasar Babi di Tabanan

  • www.nusabali.com-vaksinasi-pmk-sasar-babi-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Vaksinasi mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap babi sudah mulai dilakukan di Tabanan. Vaksinasi yang sudah dilakukan sejak pekan lalu berhasil sasar 7.305 ekor babi di tiga kecamatan.

Tiga kecamatan itu, Kecamatan Baturiti menyasar 3.585 ekor dari jumlah estimasi populasi sebesar 8.811 ekor, Kecamatan Marga mencapai 3.595 ekor dari estimasi populasi sebesar 788 ekor, dan di Kecamatan Penebel sebesar 125 ekor dari estimasi populasi babi sebesar 793 ekor.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Tabanan, I Gde Eka Parta Ariana mengatakan, vaksinasi terhadap babi sudah dilakukan mulai pekan lalu. Memang baru tiga kecamatan yang disasar karena menyesuaikan dengan stok vaksin," ujarnya, Jumat (30/9).

Kata dia, stok vaksin sekarang tersedia 27.089 dosis. Hanya saja dari jumlah itu tak diperuntukkan untuk vaksin babi saja, melainkan juga digunakan untuk vaksinasi sapi di Tabanan.

"Tidak ada vaksin khusus babi atau sapi, stok vaksin yang tersedia sekarang sama diperuntukkan untuk vaksin sapi dan babi," terangnya.

Parta Ariana menegaskan meskipun vaksinasi PMK pada babi ini baru menyasar di tiga kecamatan, kini transaksi babi khususnya untuk antarpulau sudah bisa dilakukan walau belum divaksinasi PMK.Hal tersebut didasari pada SE Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan Rentan Penyakit Mulut dan Kuku dan Produk Hewan Rentan Penyakit Mulut dan Kuku Berbasis Kewilayahan.

Sementara itu untuk vaksinasi PMK pada sapi di Tabanan dari total populasi sebesar 39.329 ekor, kini yang sudah divaksinasi PMK mencapai 20.302 ekor dan 7.804 ekor sapi sudah disasar vaksinasi booster. Vaksinasi PMK pada sapi ini sudah menyasar di sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan. *des

Komentar