nusabali

Pemkot Libatkan Murid SD dan SMP untuk Tanam Cabai

  • www.nusabali.com-pemkot-libatkan-murid-sd-dan-smp-untuk-tanam-cabai

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar melakukan berbagai langkah guna menekan laju inflasi. Seperti yang dilakukan pada Jumat (30/9), pemkot melibatkan murid SD dan SMP negeri untuk bersama-sama menanam bibit cabai unggul.

Penanaman bibit cabai unggul lokal ini secara simbolis ditanam oleh Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di SMPN 12 Denpasar, Desa Peguyangan Kaja, Denpasar Utara, yang kemudian diikuti secara serentak seluruh murid SD dan SMP negeri di Denpasar.

Walikota Jaya Negara mengatakan, penanaman bibit pohon cabai ini sebagai gerakan bersama dalam upaya menekan laju inflasi. “Setidaknya kegiatan ini dapat sebagai media edukasi bagi para siswa untuk nantinya setelah panen, dapat meringankan kebutuhan bumbu dapur bagi orangtua siswa,” ujarnya.

Selain itu juga mendukung gerakan ketahanan pangan di Kota Denpasar. Untuk bibit pohon cabai unggul lokal kali ini disiapkan sebanyak 5.500 bibit pohon yang disebar dan ditanam di seluruh sekolah SD dan SMP negeri di Denpasar.

“Ini merupakan jenis bibit unggul cabai lokal. Nantinya bibit cabai ini sekali panen bisa menghasilkan 2 kilogram satu pohon setiap dua pekan sekali selama satu tahun,” ungkap Walikota Jaya Negara.

Kepala Disdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, menambahkan seluruh sekolah yang melaksanakan penanaman bibit pohon cabai yakni SD negeri berjumlah 167 sekolah dan SMP negeri berjumlah 14 sekolah.

Nantinya diharapkan sekolah-sekolah dan para siswa merawat secara telaten bibit pohon cabai ini sampai tiba waktunya panen. Selain itu, nantinya para siswa juga melaksanakan pembelajaran wirausaha.

Tidak sekadar teori saja, para siswa bisa langsung melaksanakan praktik di sekolah dengan menanam dan merawat pohon cabai ini dari awal sampai panen serta pengolahan. “Semoga sesuai harapan Bapak Walikota Denpasar, selain menekan inflasi juga bisa menjadikan sekolah berbagi untuk masyarakat sekitar. Hasil panen ini bisa dibawa pulang siswa untuk orangtua mereka di rumah dan masyarakat di dekat lingkungan sekolah,” ungkap Agung Wiratama.

Walikota Jaya Negara melaksanakan penanaman bibit pohon cabai bersama Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa, Kepala Disdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Dewa Gede Rai, dan Kepala Sekolah SMPN 12 Denpasar IGN Agung Arya, beserta para murid dan guru. *mis

Komentar