nusabali

Kapal Perang Inggris HMS Spey Sandar di Benoa

  • www.nusabali.com-kapal-perang-inggris-hms-spey-sandar-di-benoa
  • www.nusabali.com-kapal-perang-inggris-hms-spey-sandar-di-benoa

DENPASAR, NusaBali
Kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris His Majesty’s Ship (HMS) Spey dengan nomor lambung P234 sandar di Pelabuhan Benoa, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar, Jumat (30/9) pukul 10.00 Wita.

Kedatangan kapal perang dengan membawa puluhan personel itu dipimpin Wakil Komandan Kapal HMS Spey Letnan Komandan Bridget Macnae langsung disambut dengan Tari Poco Poco dari Maluku, Tari Maumere dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan joged Bali.

Kapal Perang HMS Spey mengunjungi Bali untuk pertukaran budaya dengan TNI Angkatan Laut. Kapal patroli lepas pantai terbaru dari Inggris itu lego jangkar di Pelabuhan Benoa sampai 3 Oktober 2022. Kedatangan mereka langsung disambut oleh Perwakilan Kedutaan Besar Inggris diwakilkan oleh Atase Pertahanan Kerajaan Inggris Colonel Paul Reynolds dan Vice Consult Konjen Inggris di Denpasar John Makin. Selain itu turut menyambut Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono.

HMS Spey tengah beroperasi selama 5 tahun di kawasan Indo-Pasifik bersama kapal perang AL Inggris HMS Tamar, bekerja bersama para mitra dan sekutu untuk membantu mengatasi tantangan di sektor keamanan dan mendukung negara-negara dalam mengatasi dampak perubahan iklim. “Membangun kemitraan yang kuat dan langgeng dengan Indonesia adalah inti dari misi Inggris di sini. HMS Spey adalah demonstrasi fisik dari komitmen Inggris untuk memperdalam hubungan diplomatik, ekonomi dan keamanan dengan Indonesia dan negara-negara lain di kawasan Indo-Pasifik," ungkap Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

Sementara Bridget Macnae mengaku senang bisa datang ke Bali. Kunjungan ini merupakan pertama setelah lebih dari 25 tahun sejak kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris merapat di sini. "Kami sangat menantikan kesempatan untuk pertukaran budaya, olahraga dan tarian-tarian tradisional Indonesia. Kunjungan ini juga merupakan waktu bagi kami untuk memanfaatkan layanan logistik di Bali, mengisi persediaan bahan makanan segar," tuturnya.

Di sisi lain, Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo dalam sambutannya yang dibacakan Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono intinya mengaku bangga dengan kunjungan HMS Spey bersama puluhan kru-nya. Dirinya berharap hubungan baik Indonesia dan Inggris tetap terjaga dengan baik.

"Selamat datang kepada HMS Spey. Saya ucapkan terimakasih atas kunjungan kehormatan ini. Saya berharap kunjungan ini akan menjadi momen istimewa dan menjadi semangat persahabatan bagi Indonesia dan Inggris," ungkap Danlanal dalam sambutannya. *pol

Komentar