nusabali

Dinas Kesehatan Bali Sosialisasi Germas di SMAN 1 Amlapura

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-bali-sosialisasi-germas-di-sman-1-amlapura

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan Provinsi Bali menggelar aksi bergizi dan sosialisasi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Sehat) di SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (29/9). Aksi ini diselengi cek kolesterol, gula darah, dan tensi.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengapresiasi edukasi yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Karangasem. Siswi SMAN 1 Amlapura juga rutin dapat bantuan tablet penambah darah setiap sebulan sekali.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr AA Sagung Mas Dwipayani mengatakan, ada tujuh amanat Germas yakni aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak buang air besar sembarangan. Tujuan Germas untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat dan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Ada tiga pilar Indonesia sehat yakni penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan, dan jaminan kesehatan nasional.

Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama mengingatkan pentingnya mengimplementasikan PHBS agar kualitas hidup sehat meningkat. “Mencegah munculnya penyakit mesti melakukan PHBS,” ungkap Gusti Putra Pertama. Sebelumnya banyak muncul penyakit muntaber setiap musim hujan. Setelah di setiap rumah ada jamban untuk buang air besar, muntaber berkurang bahkan nihil. Penyebaran penyakit melalui lalat karena sebelumnya lalat hinggap di kotoran. Apalagi BAB di sembarang tempat terutama di tegalan, dihinggapi lalat kemudian lalat hinggap di makanan lalu makanan dikonsumsi menyebabkan muntaber. *k16

Komentar