nusabali

GOR Debes Perlu Direnovasi

  • www.nusabali.com-gor-debes-perlu-direnovasi

Tabanan yang tidak memiliki kolam untuk cabor renang berencana kerjasama dengan KONI Badung.

TABANAN, NusaBali

Pemkab Tabanan menurut rencana akan menjadi tuan rumah Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Bali pada tahun 2019 mendatang. Kendalanya, GOR Debes di Banjar Gerokgak, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, kondisinya belum memadai. Tabanan juga belum punya kolam untuk cabang olahraga renang.

Ketua KONI Tabanan, I Dewa Gede Ary Wirawan mengakui GOR Debes sebagai gelanggang olahraga kebanggaan krama Tabanan belum memadai untuk menggelar Porprov. Stadion sepakbola kekurangan tempat duduk untuk penonton. Sejak GOR Debes dibangun pada tahun 1980 semasa kepemimpinan Bupati Soegianto, baru sekali diservice pada tahun 2016 dengan dana Rp 200 juta. “Selama 23 tahun berlangsungnya Porprov, Tabanan belum pernah jadi tuan rumah. Kami akan mengambil momen ini,” tandas Ary Wirawan, Rabu (26/4).

Meski fasilitas olahraga belum lengkap, mantan Ketua KNPI Tabanan ini optimis Porprov Bali di Tabanan bisa terselenggaranya. Solusinya bekerjasama dengan kecamatan maupun desa. “Kami contohkan yang belum punya kolam renang, maka cabor renang kami kerjasamakan dengan KONI Badung,” ungkap Ary Wirawan. Demikian juga cabor catur akan dipusatkan di Kecamatan Pupuan.

Diterangkan, GOR Debes setengahnya merupakan aset milik Pemprov Bali yang menjadi tanggungjawab Pemkab Tabanan. Kebersihan GOR dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan, sementara bangunan dikelola Dinas Pekerjaan Umum serta operasional menjadi tanggungjawab Bagian Umum Setda Tabanan. “KONI Tabanan sudah mengajukan permohonan agar GOR dan stadion sepakbola Debes bisa dikelola langsung oleh KONI Tabanan,” terang Ary Wirawan. Diakui belum ada kontribusi dari GOR dan stadion sepakbola. Ketika lampu mati, harus menunggu instansi berwenang menggantinya. “GOR biasanya digunakan pihak sekolah,” bebernya.

Sementara Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengatakan Tabanan diberikan kesempatan sebagai tuan rumah Porprov Bali tahun 2019. “KONI Tabanan mengaku sudah siap,” ujarnya. Terkait sarana prasarana, Wabup Sanjaya berencana merenovasi pada tahun 2018 mendatang. “Mudah-mudahan di anggaran APBD induk 2018 kami bisa alokasikan dana renovasi. Dana akan disesuaikan dengan kebutuhan,” tandas Wabup Sanjaya. * d

Komentar