nusabali

Morata Bawa Spanyol ke Semifinal

  • www.nusabali.com-morata-bawa-spanyol-ke-semifinal

BRAGA, NusaBali
Gol Alvaro Morata sukses membawa Spanyol menang 1-0 atas Portugal dalam laga UEFA Nations League A di Braga, di Estadio Municipal Braga, Rabu (28/9) dinihari WITA.

Kemenangan itu memastikan La Roja ke semifinal dan finis di puncak Grup 2. Kemenangan itu disebut Luis Enrique sebagai obat depresi.

Ya, Spanyol harus berjuang keras mengatasi semifinalis Euro 2020 itu hingga akhirnya Morata menembus kebuntuan pada menit ke-88. Spanyol belum mencapai performa terbaik dalam laga kali ini jelang Piala Dunia Qatar 2022. Kemenangan susah payah itu pun memberikan dorongan moral yang positif.

Apalagi Portugal menampilkan permainan yang lebih baik daripada Spanyol, namun hanya kurang beruntung. Pelatih Spanyol Luis Enrique membuat perubahan besar pada timnya, yang mengalami kekalahan kandang pertama Spanyol sejak 2018 atas Swiss pada Sabtu, dengan hanya mempertahankan empat pemain starter.

Morata dimainkan untuk memimpin lini depan, sedangkan seluruh trio lini tengah dirotasi. Spanyol sempat mendominasi penguasaan bola, tetapi hal itu tidak banyak berpengaruh lantaran justru Portugal yang menciptakan beberapa peluang lebih berbahaya.

Luis Enrique menyebut kemenangan atas Portugal di UEFA Nations League sebagai obat terbaik antidepresi. Luis Enrique tak mampu menutupi kegembiraannya usai Spanyol mengalahkan Portugal.

“Ini olahraga yang luar biasa. Kemenangan adalah penangkal terbaik untuk depresi atau kesedihan," ujar Enrique.

Sementara sukses Spanyol ke semifinal UEFA Nations League 2022/2023 menyusul Kroasia, Italia dan Belanda. UEFA Nations League edisi ketiga ini berlangsung sejak Juni lalu. Seluruh laga fase grup diselesaikan pada Rabu dinihari Wita.

Dari Grup A1, Kroasia lolos ke semifinal dengan status juara grup, dengan 13 poin dari 12 laga, unggul satu angka dari Denmark sebagai runner up. Grup A2, Spanyol ke semifinal dengan 11 poin dari enam laga dan unggul satu angka dari Portugal di peringkat kedua.

Italia mewakil Grup A3 yang ke semifinal, usai mengalahkan Hungaria 2-0 pada matchday terakhir dan keluar sebagai juara grup dengan 11 poin. Nasib berbeda dialami timnas Inggris yang jadi juru kunci Grup A3. The Three Lions terdegradasi ke Liga B pada UEFA Nations League musim depan. Belanda ke semifinal dengan perkasa di Grup A 4, berbekal 16 poin, unggul enam angka dari Belgia di posisi kedua.

Semifinal UEFA Nations League dijadwalkan pada 14 dan 15 Juni 2023, dengan jadwal pengundian belum ditentukan. Laga Final digelar 18 Juni. ant
 
Hasil UEFA Nations League 2022/2023 :
Semifinalis: Kroasia, Spanyol, Italia, Belanda
Degradasi ke Liga B : Austria, Republik Ceko, Inggris, Wales
Promosi ke Liga A: Skotlandia, Israel, Bosnia-Herzegovina, Serbia.

Komentar