nusabali

Desa Adat Duda Mulang Pakelem di Pantai Buitan

  • www.nusabali.com-desa-adat-duda-mulang-pakelem-di-pantai-buitan

AMLAPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem mulang pakelem lan mohon tirtha pingit serangkaian upacara melasti di Pantai Buitan, Desa/Kecamatan Manggis, Karangasem, Buda Paing Wayang, Rabu (28/9).

Upacara melasti ini serangkaian karya Usaba Kapat di Pura Puseh, Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem pada Purnama Kapat, Soma Wage Dukut, Senin (10/10). Krama dari 27 banjar adat mengusung pratima dan pralingga Ida Bhatara dikoordinasikan Bendesa Adat Duda I Komang Sujana.

Empat pamangku naik jukung mohon tirtha pingit dengan membawa dua ekor pakelem yakni bebek dan siap selem (ayam berbulu hitam) dilengkapi banten pabangkit dan suci. Keempat pamangku yang naik jukung yakni Jro Mangku Merta, Jro Mangku Sudana, Jro Mangku Komang Sumerta, dan I Gusti Mangku Suyasa. “Tirtha pingit dijadikan jatu utama untuk pelengkap upacara Usaba Kapat di Pura Puseh,” jelas Komang Sujana.

Tirtha pingit distanakan di Palinggih Sanggar Agung Pura Puseh Desa Adat Duda. Pada puncak Usaba Kapat katedunang (diturunkan) untuk umat agar dikaruniai kesehatan dan kesejahteraan. Sementara upacara melasti untuk menyucikan pralingga dan pratima Ida Bhatara. Nantinya di setiap upacara pamiosan, kembali menyucikan pralingga dan pratima Ida Bhatara di Beji Solas tepi Tukad Batah, sekitar 1 kilometer dari Pura Puseh. Masucian ditandai iring-iringan 37 jempana, paling depan Ida Bhatara dari Banjar Adat Bambang Biaung. *k16

Komentar