nusabali

Bandara Ngurah Rai Antisipasi Pendemo Tolak Delegasi G20

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-antisipasi-pendemo-tolak-delegasi-g20

MANGUPURA, NusaBali.com - Sebagai antisipasi kelancaran ajang KTT G20 di Bali, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menggelar simulasi penanganan aksi demonstran, Kamis (29/9/2022).

Dalam simulasi, para pendemo diposisikan memotong akses keluar para delegasi yang berada tepat di samping Kantor Angkasa Pura I di Tuban, Kuta, Badung. 

Aksi demonstran ini menolak adanya event KTT G20 yang digelar di Nusa Dua. Petugas gabungan dari unsur TNI dan Polri pun harus turun tangan mengamankan lokasi.

Saat aksi demo di depan kantor AP I tersebut, puluhan massa membawa sejumlah pamflet dan spanduk tuntutan, termasuk salah satunya menolak masuk para delegasi KTT G20 yang hendak mengikuti rangkaian kegiatan di Nusa Dua. 

Petugas gabungan dari AP I dan Kepolisian datang dan menghalau para pendemo. Namun sayangnya, para pendemo yang anarkis memukul dan melempari petugas. 

Karena kewalahan dalam menangani massa, TNI AU pun turun tangan dan membuat berigade dan mempertahankan diri dengan tameng.

Selain itu, mobil water cannon juga diturunkan untuk antisipasi massa jika terus memaksa dan merangsek masuk.

Untungnya, aksi demontrasi ini berhasil diredam ketika sejumlah pihak melakukan negosiasi selama satu jam. Sehingga, para delegasi yang hendak melintas di jalur tersebut berhasil melanjutkan perjalanan menuju lokasi event.

Aksi penanganan demonstrasi yang terbilang cukup anarkis ini bagian dari pengamanan delegasi yang melibatkan sejumlah stakeholder termasuk aparat Kepolisian dan TNI. Sehingga, saat ada kejadian tersebut, petugas gabungan sudah memiliki gambaran dalam melakukan penanganan di lapangan.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengaku bahwa simulasi ini bagian dari kesiapan dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat event KTT G20. 

Selain itu, ada banyak rangkaian simulasi yang dilakukan, mulai dari penanganan saat gempa, penanganan saat pesawat crash dan lainnya.

"Kegiatan ini bagian dari persiapan menjelang G20 mendatang," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi saat memberikan sambutan dalam pembukaan simulasi di Bandara Ngurah Rai, Tuban. *dar

Komentar