nusabali

Dinas PU Lebarkan Jalan Pengotan-Landih

  • www.nusabali.com-dinas-pu-lebarkan-jalan-pengotan-landih

BANGLI, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli melakukan pelebaran jalan Pengotan-Landih, Kecamatan Bangli.

Jalur ini merupakan jalan menuju sirkuit drag race dan tempat pembuangan akhir (TPA) Landih. Anggaran pelebaran jalan pada APBD Perubahan 2022 sebesar Rp 600 juta.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli, I Wayan Lega Suprapta mengatakan, ruas jalan Pengotan-Landih 3 meter termasuk sempit. Jalur itu sering dilalui truk pengangkut sampah menuju TPA Landih. “Saat ada kendaraan melintas dari arah berlawanan, harus ada yang mengalah karena jalur sempit,” ungkap Wayan Lega, Rabu (28/9). Jalur Pengotan-Landih akan semakin ramai dilalui kendaraan besar karena ada sirkuit drag race.

Wayan Lega mengungkapkan, jalur Pengotan-Landih dari lebar 3 meter diperlebar jadi 3,5 meter. Anggaran Rp 600 juta untuk perbaikan dan pelebaran jalan sepanjang hampir 700 meter. “Proses pelebaran jalan tidak memerlukan waktu lama. Akhir tahun ini sudah tuntas,” tegas Wayan Lega. Sementara pembangunan sirkuit drag race sudah dimulai sejak 4 Agustus 2022. Kegiatan sudah masuk tahap perataan tanah (spreading). Perataan tanah cukup lama karena kondisi tanah bergelombang.

Dalam waktu dekat dilaksanakan pengaspalan untuk lintasan drag race sepanjang 420 meter dengan lebar 20 meter. “Setelah perataan tanah lanjut pengaspalan,” jelas Wayan Lega. Selain membuat lintasan, kegiatan juga meliputi penataan lahan parkir. Tahap awal pembangunan sirkuit, Pemkab Bangli mengalokasikan anggaran Rp 5,3 miliar. Setelah proses tender, ditawar Rp 3,8 miliar lebih. *esa

Komentar