nusabali

Tekan Inflasi, Jembrana Digelontor 3.000 Bibit Cabai

  • www.nusabali.com-tekan-inflasi-jembrana-digelontor-3000-bibit-cabai

NEGARA, NusaBali
Sebanyak 3.000 bibit cabai diserahkan Bank Indonesia (BI) untuk Kabupaten Jembrana sebagai upaya menekan inflasi.

Bantuan tersebut diterima Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Gusti Ayu Ketut Candrawati  alias Candrawati Tamba, yang langsung menyerahkan kepada para Ketua TP PKK kecamatan se-Kabupaten Jembrana, di Sekretariat PKK Jembrana, Selasa (27/9) sore.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Sekda Jembrana I Made Budiasa, para kepala OPD terkait serta camat se-Jembrana. Candrawati Tamba berterima kasih atas bantuan bibit cabai dari BI tersebut. Dia berharap kolaborasi dan sinergitas tersebut bisa terus berlanjut guna menjaga stabilitas serta meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Terlebih saat ini kondisi perekonomian masyarakat kembali menurun akibat kenaikan harga BBM yang mengakibatkan kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok.

“Kenaikan inflasi ini jangan membuat kita panik. Tapi mari kita bijak untuk memanfaatkan pekarangan rumah melalui program ‘Aku Hatinya PKK’. Kita tanami pekarangan rumah dengan tanaman pangan seperti cabai, terong, tomat, bayam, yang hasil panennya dapat memenuhi kebutuhan dapur, maupun dijual untuk menambah pendapatan keluarga,” kata Candrawati Tamba.

Kepada para camat dan ketua TP PKK kecamatan, Candrawati Tamba berpesan agar bantuan bibit cabai ini diteruskan kepada masyarakat. Termasuk memantau keberlangsungannya. “Pastikan bibit cabai ini betul-betul dirawat dan dikembangkan oleh masyarakat. Dan kami dari TP PKK kabupaten juga akan secara rutin memantau ke sasaran penerima bantuan demi terwujudnya Paman Emas 26 (Pangan Aman Menuju Jembrana Emas 2026),” ujarnya.

Deputi Direktur BI Provinsi Bali Donny H Heatubun menyampaikan, pemberian bantuan bibit cabai ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi BI atas diterbitkannya Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan. Salah satu kegiatan dari gerakan tersebut, adalah ajakan menanam cabai dengan memanfaatkan pekarangan rumah. *ode

Komentar