nusabali

Ratusan Anjing di Desa Luwus Bakal Divaksinasi Antirabies

  • www.nusabali.com-ratusan-anjing-di-desa-luwus-bakal-divaksinasi-antirabies

TABANAN, NusaBali
Dinas Pertanian Tabanan melalui Bidang Peternakan akan melakukan vaksinasi rabies sekitar 200-an ekor anjing di Desa Luwus, Kecamatan Tabanan, Kamis (29/9) hari ini.

Vaksinasi dilakukan untuk memperingati Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day (WRD) yang dicanangkan Kementerian Pertanian. Bahkan kegiatan ini rencana dihadiri Menteri Pertanian.

Peringatan WRD dilakukan pemerintah setiap 28 September. Untuk di Tabanan, selain vaksinasi, rencana peringatan WRD di Desa Luwus dilengkapi pula kegiatan mewarnai gambar hewan oleh murid SD, serta edukasi peningkatan pencegahan rabies.

Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia, mengatakan persiapan peringatan WRD di Tabanan sudah maksimal. Tinggal pelaksanaan sesuai jadwal. “Peringatan Hari Rabies di Tabanan dilaksanakan di Desa Luwus. Akan dilakukan vaksinasi sebanyak 200 ekor anjing,” kata Subagia, Rabu (28/9).

Menurutnya, pelaksanaan ini rencananya dihadiri Menteri Pertanian. Namun jadwal ini masih tentatif. Sebab Menteri Pertanian bersama rombongan lainnya terlebih dulu mengikuti agenda field trip di Jatiluwih, Kecamatan Penebel. “Setelah acara di Jatiluwih, baru bergeser ke Desa Luwus. Rencananya Bapak Menteri Pertanian yang akan datang, namun sifatnya masih tentative. Meski demikian kami sudah melakukan persiapan untuk suksesnya peringatan WRD tahun ini,” ucap Subagia.

Sementara di sisi lain kasus rabies di Tabanan masih menjadi atensi ketat. Sebab awal tahun 2022, kasus gigitan anjing positif rabies di Tabanan sempat mengalami tren kenaikan.

Hingga Mei 2022 tercatat sudah terjadi enam kasus, salah satunya menggigit bocah usia 6 tahun. Sedangkan di tahun 2021 hanya ada satu kasus. “Mengenai stok vaksin antirabies (VAR), masih tersedia, sepanjang tidak ada lagi kasus positif rabies,” tandas Subagia. *des

Komentar