nusabali

Harga Barang Naik Tipis, Disperindag Sebut Normal

  • www.nusabali.com-harga-barang-naik-tipis-disperindag-sebut-normal

GIANYAR, NusaBali
Kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu telah dibarengi kenaikan kebutuhan pokok.

Seperti halnya di Gianyar, harga kebutuhan pokok naik tipis. Namun sejak awal kenaikan harga BBM hingga akhir September 2022, belum terlihat adanya kenaikan yang signifikan terhadap bahan kebutuhan pokok di pasaran.

Hal itu terpantau dari harga sembako pada sejumlah pasar di Kabupaten Gianyar. Data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gianyar menunjukan, ada sejumlah harga kebutuhan pokok naik. Di antaranya, Beras Lokal Tabanan harga eceran terendahnya (HET) Rp 9.500 naik menjadi Rp11.000. Gula Pasir Lokal HET Rp12.500 menjadi Rp13.000. Telur Itik Rp 2.500 menjadi Rp 2.600. Bunga pacah, Kacang Panjang dan kacang Buncis sama naik Rp1.000.

Sementara penurunan terjadi pada Beras premium, daging ayam, dan tomat. "Kenaikan ini karena adanya faktor cuaca dan pasokan berkurang, begitu juga sebaliknya penurunan karena kelebihan pasokan," ujar Kepala Disperindag Gianyar Luh Gede Eka Suary, Rabu (28/9).

Selain yang tertera dalam data, harga kebutuhan yang lainnya masih normal. Eka Suary menyebutkan meski ada kenaikan BBM, namun tidak semua harga kebutuhan pokok naik. Dia tidak menjelaskan faktor harga masih normal. "Kalau naik baru cari penyebab, memang begitu situasi di pasar kita, berarti yang normal gak ada pengaruh dari akibat BBM naik," ujarnya. *nvi

Komentar