nusabali

WTD 2022 Jadi Panggung Pesona Wastra Nusantara

  • www.nusabali.com-wtd-2022-jadi-panggung-pesona-wastra-nusantara

MANGUPURA, NusaBali.com – World Tourism Day (WTD) 2022 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI pada Selasa (27/9/2022) di Grand Hyatt, Nusa Dua, menjadi panggung bagi wastra Nusantara tunjukkan pesonanya kepada dunia.

Acara yang diikuti oleh 328 peserta secara luring dan 422 secara daring ini, tidak hanya diisi dengan diskusi multi-stakeholder mengenai isu kepariwisataan. Perhelatan ini juga menyediakan wadah bagi para pendamping delegasi melalui dukungan Global Modest Fashion Week Association (GMFWA).

Salah satu suguhan yang diberikan kepada para pendamping tersebut adalah fashion show ragam wastra Nusantara karya desainer tanah air. Wastra tanah air yang sudah direka menjadi busana itu merupakan karya dari enam desainer berbakat yakni Jeny Tjahyawati, Lia Afif, Ayu Dyah Andari, Tjok Abi, I Made Andika Putra, dan Kadek Wiradika Saskara.

Menurut President of GMFWA Nur Asia Uno, acara ini merupakan kesempatan emas bagi Bangsa Indonesia untuk memperkenalkan pesona wastra tanah air hasil tangan para perajin kepada dunia.

“Ini adalah kesempatan, momentum bagi kreatif lokal untuk unjuk gigi tampilkan keunikan dan potensi dari produk mereka masing-masing,” ujar Nur Asia.

Istri Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno ini menambahkan bahwa keunikan motif dan makna yang begitu khas dan mendalam dari masing-masing wastra tanah air ini merupakan nilai jual tersendiri. Kekuatan ini, kata Nur Asia, dapat menjadi modal dan daya saing wastra Nusantara dengan produk mode internasional.

“Kita punya Ulos, tapis Lampung, batik, Songket, tenun Sumba, dan masih banyak jenis wastra lainnya yang memiliki motif unik dan kekhasannya masing-masing,” terang Nur Asia.

Melalui fashion show ragam motif Nusantara ini, Nur Asia berharap, para pendamping delegasi dapat mempelajari dan terkesan dengan kekayaan wastra tanah air. *rat

Komentar