nusabali

Pendataan Awal Regsosek 2022, Petugas Diminta Jadi 'Kamera'

  • www.nusabali.com-pendataan-awal-regsosek-2022-petugas-diminta-jadi-kamera

GIANYAR, NusaBali
Menyongsong kegiatan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar melatih 628 petugas.

Merek terdiri dari 479 Petugas Pendataan Lapangan,121 Petugas Pemeriksa Lapangan, serta 14 Koordinator Sensus Kecamatan dan Instruktur Daerah.

Dalam pencacahan data secara door to door, petugas diminta untuk menjadi ‘kamera’ yang bagus, yakni bisa menyajikan data yang terintegrasi dan akurat. "Tujuan pendataan awal Regsosek ini adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan," jelas Kepala BPS Gianyar I Made Ir I Made Antara Yasa M Agb, dalam sambutannya saat membuka pelatihan petugas pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022 Kabupaten Gianyar di sebuah hotel, Banjar Jukut Paku, Desa Singakerta Kecamatan Ubud, Selasa (27/9).

Pelatihan ini dibagi menjadi tiga gelombang hingga 8 Oktober 2022. Gelombang pertama, diikuti 232 orang dalam 7 kelas, gelombang kedua 213 orang dalam 7 kelas, serta 228 orang pada gelombang ketiga. "Pelatihan ini sangat penting untuk menyiapkan petugas lapangan yang handal, memiliki komitmen dan rasa tanggung jawab tinggi atas keberhasilan. Peserta wajib membaca dan pahami isi kuisioner," jelasnya.

Jelasnya, keberhasilan Regsosek 2022 ini sangat ditentukan oleh kemampuan petugas dalam mencatat dan menggali informasi secara tepat dan menuangkan pada kuisioner.  "Petugas pendataan harus menjadi kamera yang bagus. Karena data ini sangat dibutuhkan oleh negara sampai tingkat desa. Selesai pendataan pun, petugas harus memastikan kembali isian kuisioner sudah lengkap," jelas Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kabupaten Gianyar I Made Jutawan.

Metode yang dilakukan yakni observasi dan wawancara. Petugas akan melakukan kegiatan pendataan mulai 15 Oktober sampai 14 November 2022. "Di hari ketiga, petugas sudah mulai masuk rumah penduduk secara door to door," jelasnya. Pihaknya pun berharap partisipasi dari masyarakat untuk turut menyukseskan Regsosek 2022 ini. Sebab data kondisi seluruh penduduk akan membantu pelaksanaan program pemerintah sehingga berjalan efektif. Misalnya program kesehatan pendidikan kewirausahaan pasar kerja.*nvi

Komentar