nusabali

Pendaftaran Panwascam Kota Denpasar Diperpanjang

  • www.nusabali.com-pendaftaran-panwascam-kota-denpasar-diperpanjang

DENPASAR, NusaBali.com - Setelah sebelumnya sempat dibuat pesimis karena rendahnya animo masyarakat untuk mendaftar sebagai calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Denpasar, kini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Denpasar bisa bernafas lega.

Sampai dengan hari terakhir batas pendaftaran pelamar yaitu, Selasa (27/9/2022) pukul 17.00 Wita yang menjadi batas waktu akhir pengiriman berkas, sudah terdapat total 42 orang yang akan bersaing memperebutkan 12 kursi Pengawas Pemilu Kecamatan di Denpasar. 

"Rinciannya yaitu Kecamatan Denpasar Barat 9 orang. Kecamatan Denpasar Selatan 15 orang, Kecamatan Denpasar Timur 8 orang dan Kecamatan Denpasar Utara 10 orang," terang Ketua Bawaslu Denpasar Putu Arnata saat dihubungi NusaBali.com melalui sambungan telepon, Selasa (27/9/2022) petang.

Dari kesemuanya itu terdapat 32 orang pelamar laki-laki dan 10 pelamar perempuan, dan dari data tersebut menurut Arnata komposisinya belum mewakili keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

"Dengan begitu otomatis periode perpanjangan pendaftaran akan dibuka kembali, mulai tanggal 2-8 Oktober 2022 mendatang," jelasnya.

Lebih lanjut Arnata menjelaskan, dalam periode perpanjangan tersebut dikhususkan di tiga Kecamatan, yaitu di Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar Selatan dan Denpasar Utara disebabkan belum memenuhi persyaratan pendaftaran keterwakilan perempuan, sementara untuk Kecamatan Denpasar Timur terkonfirmasi sudah ditutup, karena sudah memenuhi kuota persyaratan.

Ia pun berharap masyarakat dapat kembali antusias untuk mendaftar sebagai pengawas pemilu ini.

"Seperti di hari terakhir ini, lonjakannya sangat signifikan dibandingkan hari-hari sebelumnya, setelah kami telusuri ternyata banyak dari mereka yang sengaja menunggu untuk melengkapi berkas terlebih dahulu, dan dengan diperpanjangnya periode pendaftaran ini, kami harap masyarakat yang berminat dapat mendaftar kembali," pungkas pegiat kepemiluan yang lama berkecimpung di dunia pers sebagai wartawan ini.*aps 

Komentar