nusabali

Portugal vs Spanyol, Tuan Rumah di Atas Angin

  • www.nusabali.com-portugal-vs-spanyol-tuan-rumah-di-atas-angin

LISBON, NusaBali
Portugal hanya butuh hasil imbang saat menjamu Spanyol untuk lolos ke semifinal UEFA Nations League A 2022/2023.

Kedua tim akan memainkan laga pamungkas Grup 2, di Stadion Municipal de Braga, Rabu (28/9), pukul 02.45 dinihari WITA.  Ya, Portugal saat ini berada di puncak klasemen Grup 2 dengan 10 poin. Mereka unggul dua poin dari Spanyol yang di posisi kedua. Tim asuhan Fernando Santos itu di atas angin dan butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal.  

Portugal dalam performa cukup bagus. Pada laga terakhirnya, walau Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol, Portugal menang besar 4-0 atas Republik Ceko. Diogo Dalot tampil bagus dan mencetak dua gol.

Sedangkan di kandang sendiri di Zaragoza, Spanyol justru kalah 1-2 dari Swiss pada laga terakhir. Hasil itu tentu jadi catatan buruk Spanyol jelang duel menentukan lawan Portugal.

Meskipun kekuatan tim tamu tidak bisa dianggap sebelah mata, A Seleção mempunyai keuntungan tersendiri dengan tampil di kandang. Meski Portugal hanya membutuhkan hasil imbang dari laga ini, juara UNL 2019 itu diprediksi akan tetap all out.

"Kami akan bermain di Braga untuk menang. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit dan kami harus melakukan yang terbaik untuk berada di fase berikutnya," tegas Fernando Santos, di laman resmi FPF (Portuguese Football Federation).

Sebaliknya, Spanyol wajib menumbangkan tuan rumah jika ingin ke semifinal final UNL 2022/2023. Menyerang sejak menit awal demi memburu gol kemenangan di markas lawan harus mewarnai permainan Spanyol.

Setelah kekalahan 1-2 dari Swiss di Stadion De la Romareda, Zaragoza, Minggu (25/9/), tuntuan pada Luis Enrique semakin besar untuk membuktikan kualitasnya sebagai arsitek Spanyol.

Dalam situasi sulit lantaran perlu mencuri poin penuh di kandang Portugal, eks pelatih Roma dan Barcelona itu diyakini akan memaksa Jordi Alba dkk untuk berjuang keras pada duel hidup mati ini.  *

Prediksi Susunan Pemain
Portugal (4-2-3-1): Diogo Costa; Diogo Dalot, Danilo Pereira, Rúben Dias, Mário Rui; Ruben Neves, William Carvalho; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Rafael Leão; Cristiano Ronaldo. Pelatih: Fernando Santos.
Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jordi Alba, Pau Torres, Eric Garcia, César Azpilicueta; Rodri, Sergio Busquets, Gavi; Ferran Torres, Marco Asensio, Pablo Sarabia. Luis Enrique.

Lima Pertemuan Terakhir
03/06/22 Spanyol vs Portugal 1 - 1
05/06/21 Spanyol vs Portugal 0 - 0
08/10/20 Portugal vs Spanyol 0 - 0
16/06/18 Portugal vs Spanyol 3 - 3
28/06/12 Portugal vs Spanyol 0 - 0 (pen, 2-4).

Komentar