nusabali

Get The Fest Tour: Test Drive Bahan Bakar dari Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-get-the-fest-tour-test-drive-bahan-bakar-dari-sampah-plastik

DENPASAR, NusaBali.com - Rangkaian Get The Fest kini tinggal beberapa minggu lagi, pembukaan Tour dan Konser musik pertama yang menggunakan energi dari BBM sampah plastik ini akan dimulai dari tanggal 9 Oktober 2022.

Get The Fest Tour akan dibuka perdana, dimana Pemerintah Kota Bogor akan menjadi tuan rumah pembukaan Get The Fest. Balai Kota Bogor dipilih sebagai tempat seremonial pembukaan dan pelepasan rombongan Tour Get The Fest. 

Serangkaian kegiatan akan dilakukan seperti uji BBM dari sampah plastik oleh para undangan seperti Presiden RI, Kementerian lembaga, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bogor dan Pertamina sebagai sponsor dalam kegiatan ini. 

Dukungan lain juga diberikan oleh bank bjb untuk keberlanjutan pengolahan sampah plastik dengan mesin pirolisis di Kota Bogor. Momentum ini dimanfaatkan untuk mengkampanyekan pengolahan sampah pada masyarakat luas, salah satunya dengan aktivasi karaoke menggunakan BBM sampah plastik bertajuk Plastik Bersuara oleh musisi yang mendukung gerakan ini.

Perjalanan dari Bogor - Bali sejauh 1200 km ini ditempuh oleh rombongan Tour dengan transportasi Isuzu Chevrolet Luv dan Bus Mini ukuran ¾ yang akan diisi BBM sampah plastik. 


Total kebutuhan solar untuk tour ini sekitar 500 liter untuk dua kendaraan, stok solar ini diperoleh dari proses pengolahan sampah plastik menjadi BBM. Kebutuhan energi nantinya akan diperoleh secara langsung dari mesin yang dibawa dalam mobil Chevrolet. Saat ini tim Get The Fest telah mengolah sebanyak 700 kg sampah plastik untuk memenuhi kebutuhan solar pada saat Tour dan Festival nantinya.

Tagline dari kegiatan ini adalah Less Plastic More Energy jadi sebisa mungkin kami memanfaatkan sumber energi dari sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik. Harapannya melalui kegiatan ini bisa menjadi media kampanye yang efektif bagi masyarakat terutama terkait pengelolaan dan pengolahan sampah plastik di wilayah hulu.

Dukungan publik sangat diharapkan dalam kegiatan ini salah satunya dengan berpartisipasi pada kegiatan puncak festival di Bali, masyarakat dapat membeli tiket nya pada Loket.com. Untuk informasi selengkapnya dapat mengikuti postingan @getplastic_id dan @getthefest pada media sosial Instagram, Twitter dan Facebook.

Komentar