nusabali

Disnaker Harapkan Tambahan Paket Pelatihan di Tahun 2023

  • www.nusabali.com-disnaker-harapkan-tambahan-paket-pelatihan-di-tahun-2023

AMLAPURA, NusaBali
Kadis Ketenagakerjaan Karangasem I Ketut Kanginan Subandi didampingi Kepala UPTD BLK (Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja) Karangasem I Komang Eli Kusuma berharap ada tambahan paket pelatihan di tahun 2023.

Minat warga, khususnya calon tenaga kerja sangat tinggi untuk mendapatkan ketrampilan. "Tahun 2022 hanya ada 15 paket, tiap paket melatih 16 orang. Semuanya dibiayai APBN," ungkap Ketut Kanginan, Minggu (25/9).


Semua yang telah tuntas mengikuti pelatihan lanjut mengikuti uji kompetensi sehingga calon tenaga kerja siap kerja. Pada tahun-tahun sebelumnya merekrut calon peserta pelatihan hingga dibagi tiga gelombang.

"Kami harapkan di tahun 2023 ada anggaran dari APBD sehingga paket pelatihan lebih banyak, terutama yang pesertanya banyak peminat seperti paket roti kue dan menjahit," ungkap Ketut Kanginan.

Di tahun 2022, hanya ada 15 paket, rekrutmen pesertanya dibagi dua gelombang. Pelatihan tuntas April lalu.  Pelatihan gelombang I yakni paket instalasi listrik, sepeda motor, waiters, desain grafis, menjahit, administrasi perkantoran, dan teknik AC.

Pelatihan gelombang kedua yakni 2 paket roti kue, paket teknik AC, listrik, menjahit, desain grafis, sepeda motor, dan tata rias

Menurut Ketut Kanginan, peserta yang telah tuntas mengikuti pelatihan belum sepenuhnya mahir, hanya sebatas mengerti. Itulah sebabnya, yang telah tamat mesti langsung bekerja agar di dunia industri memahirkan kemampuannya. Harapan ke depan jadi tenaga terampil dan profesional. “Banyak yang telah kerja, dan banyak pula yang telah mampu mandiri dan buka usaha sendiri. Itulah sebabnya, saya berharap tahun depan lebih banyak dapat paket pelatihan dari APBN. UPTD BLK Karangasem koordinasi ke UPTD BLK kabupaten Lombok Timur, usulannya ke pusat dari sana," tambah mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Karangasem ini. *k16

Komentar