nusabali

15 Mahasiswa China Tempuh Program Doktoral Undiksha

  • www.nusabali.com-15-mahasiswa-china-tempuh-program-doktoral-undiksha

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menerima 15 mahasiswa program doktoral dari China.

Mahasiswa tersebut mengambil program pendidikan reguler di Program Studi S3 Ilmu Pendidikan.  Orientasi pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru program doktoral ini dilaksanakan Sabtu (24/9). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr Gede Rasben Dantes ST MTI, yang membuka orientasi menyampaikan, Undiksha terus berupaya meningkatkan jumlah mahasiswa dari luar negeri, baik untuk jenjang pendidikan sarjana, magister, dan doktor.

Hal ini sebagai implementasi program internationalization at home yang dicanangkan sejak 2019. Selain itu, juga sebagai upaya untuk mewujudkan Undiksha sebagai trend setter dan universitas bereputasi internasional.

Pihaknya pun mengapresiasi kepercayaan 15 mahasiswa dari China yang memilih Undiksha sebagai tujuan menempuh pendidikan doktor. "Semoga dengan kehadiran mahasiswa ini, semakin menjadikan Undiksha sebagai rumah belajar masyarakat internasional," ujarnya.

Sepanjang 2022, Undiksha telah menerima 100 mahasiswa luar negeri dalam berbagai program. Jumlah ini diharapkan dapat terus meningkat. Undiksha telah melakukan berbagai upaya, mulai dari pengajuan akreditasi internasional untuk 21 program studi yang terdiri atas lima klaster, pembentukan program BIPA, dan sebagainya. "Kami berharap ke depan ada peningkatan jumlah mahasiswa dari luar negeri," harapnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Undiksha, Prof Dr I Gusti Putu Suharta MSi, menyampaikan, penerimaan mahasiswa dari luar negeri ini baru kali pertama untuk program studi S3 Ilmu Pendidikan. "Sebelum perkuliahan, kami memberikan orientasi dengan tujuan agar mahasiswa mengetahui tentang Undiksha dan program studi," katanya.

Ia juga berharap mahasiswa asal luar negeri ini mampu menyelesaikan studi tepat waktu. "Masa studi maksimum untuk program S3 enam tahun dan perpanjangan satu tahun. Tetapi kami berharap bisa tuntas tiga tahun sesuai waktu normal," pungkasnya. *mz

Komentar