nusabali

Bikin Santan Super Creamy Ternyata Mudah, Ayo Dicoba Tips dari Chef Made Masak

  • www.nusabali.com-bikin-santan-super-creamy-ternyata-mudah-ayo-dicoba-tips-dari-chef-made-masak

GIANYAR, NusaBali.com – Santan menjadi salah satu bahan pelengkap favorit ibu rumah tangga agar masakan berkuah terasa gurih alami. Namun, kebanyakan ibu-ibu zaman now lebih suka membeli santan jadi karena kepraktisannya. Padahal ada cara mudah dan murah untuk bikin santan super creamy.

Santan creamy ini dapat dibuat dari kelapa dewasa. Nah, mengapa sih disebut kelapa dewasa? Karena kelapa untuk bikin santan creamy ini tidak boleh terlalu tua dengan tekstur daging yang keras ataupun terlalu muda sebab dagingnya terlalu lembek.

Jadi, kelapa dengan daging yang sudah mengeras namun masih muda adalah pilihan yang pas untuk resep membuat santan creamy ini.

Trik membuat santan creamy kali ini dibagikan oleh Chef Made Masak ketika melakukan demonstrasi memasak dalam acara Ubud International Vegan Festival (UIVF) di The Mansion Resort and Spa pada Jumat (23/9/2022) lalu.

Chef Made adalah seorang juru masak petualang yang gemar memakai bahan-bahan lokal dalam masakannya. Wanita asal Denpasar ini kini menetap di Tabanan, wilayah yang identik dengan pertanian pangan maupun hortikultura.

“Rahasia untuk membuat santan yang creamy adalah air hangat,” kata Chef Made ketika memulai demonstrasi memasak di hadapan pengunjung UIVF.

Air hangat tersebut berfungsi sebagai penarik lemak yang terkandung dalam daging kelapa. Dan lemak kelapa inilah yang akan membuat cita rasa santan menjadi creamy.

Sebelum memulai membuat santan creamy, bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut.
  • - 1 kilogram atau satu buah daging kelapa dewasa utuh berukuran sedang yang sudah dihilangkan kulit dagingnya yang keras dan biasa berwarna lebih gelap
  • - 600 mililiter air
  • - Blender/Pemarut kelapa
  • - Kain peras

Langkah-langkah membuat santan creamy.
  • - Panaskan 600 mililiter air hingga cukup hangat
  • - Potong daging kelapa yang utuh tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil supaya mudah diblender atau potong agak besar jika menggunakan pemarut kelapa
  • - Jika memakai blender, masukkan potongan daging kelapa dan air hangat ke dalam blender. Jika memakai pemarut kelapa, parut daging kelapa seperti biasa kemudian rendam dan bilas dengan air hangat.
  • - Blender daging kelapa dengan air hingga halus.
  • - Peras blenderan maupun rendaman kelapa dengan kain untuk mendapatkan sari pertama dari santan kelapa.

Kata Chef Made, perasan pertama merupakan santan yang memiliki cita rasa creamy dan lebih kental. Sedangkan perasan selanjutnya dengan tambahan air hangat untuk kedua kalinya bersifat lebih cair dan kurang creamy.

Pada saat melakukan demonstrasi memasak, Chef Made menggunakan blender untuk memotong dan mencampurkan daging kelapa dengan air hangat. 

Penggunaan blender yang dapat sekaligus mengaduk potongan daging kelapa ini dengan air hangat bisa saja memberikan hasil yang berbeda dengan parutan kelapa biasa.

Kemudian kondisi umur daging kelapa yang digunakan juga akan memengaruhi hasil. Umur kelapa yang pas yakni muda namun memiliki daging yang sudah keras menyerupai kelapa tua. Selain lebih creamy, kelapa dalam kondisi seperti ini juga memberikan cita rasa yang lebih manis dari pada santan yang dibuat dari kelapa tua.

“Santan ini tidak perlu dipakai semuanya, sisanya bisa disimpan di kulkas. Kalau mau pakai diamkan dulu pada suhu ruang baru kemudian dipakai memasak,” jelas Chef Made.

Selain itu, Chef Made juga menyarankan agar sisa parutan kelapa jangan dibuang tetapi dimanfaatkan kembali agar tidak menjadi limbah. 

“Ibu-ibu, sisa parutan kelapanya jangan dibuang. Ini bisa dipakai buat crispy coconut alias saur atau serundeng, tinggal ditambah bumbu apa pun yang ibu-ibu suka,” ujar chef petualang ini. *rat

Komentar