nusabali

Atasi Curacao, Indonesia Naik Tiga Peringkat FIFA

  • www.nusabali.com-atasi-curacao-indonesia-naik-tiga-peringkat-fifa

BANDUNG, NusaBali
Kalahkan Curacao 3-2, Timnas Indonesia naik tiga peringkat di ranking FIFA. Dari peringkat 156, kini Indonesia naik di peringkat 153.

Marc Klok, Fachruddin Aryanto, dan Dimas Drajad hadir sebagai pencetak gol Skuad Garuda, dalam rangkaian FIFA Matchday September, Sabtu (24/9/2022) malam, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Bermain dengan skuad terbaik, Indonesia mampu menunjukkan kualitasnya di level dunia. Melawan Curacao, salah satu tim asal CONCACAF, Indonesia tampil lepas. Skuad Garuda pun menang 3-2 atas lawannya.

Ketiga gol Indonesia dicetak Marc Klok (18’), Fachruddin Aryanto (22’), dan Dimas Drajad (56’). Sedangkan gol Curacao dilesatkan Rangelo Janga (8’) dan Juninho Bacuna (25’).

Bukan hanya membuktikan kualitas di mata dunia, Indonesia juga merangkak naik peringkat ranking FIFA. Sebelum laga lawan Curacao, posisi Indonesia di peringkat 156 dengan 1.019,19 poin, sedangkan Curacao di peringkat FIFA ke-84.

Melawan tim di peringkat yang lebih tinggi, sangat menguntungkan. Sebab, Indonesia akan mendapat poin lebih jika menang. Hal itu direalisasikan. Usai memastikan kemenangan 3-2 atas Curacao, Indonesia dipastikan mendapat tambahan 7,14 poin.

Dilansir dari Football-Ranking.com, secara perhitungan real time Indonesia naik tiga peringkat ke urutan 153. Setelah mendapat tambahan 7,14 poin, saat ini poin Indonesia 1.026,14. Skuad Garuda menggeser Yaman, yang sebelumnya mengoleksi 1.023,52 poin. Tentu catatan itu jadi bekal positif bagi Indonesia yang akan menghadapi Piala Asia 2023.

Bahkan, koleksi poin Indonesia bisa kembali bertambah pada laga uji coba kedua. Yakni kembali menghadapi Curacao di FIFA Matchday September 2022, di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9). Jika menang, Indonesia kembali dapat poin tambahan 7,14 poin.

Meski terpaut 71 anak tangga di peringkat FIFA, pada laga itu para pemain Timnas tidak minder. Terbukti, skuad asuhan Shin Tae-yong langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal laga.

Namun kemenangan atas Curacao masuk kategori istimewa. Selain secara peringkat FIFA Curacao lebih tinggi, para pemain Indonesia juga mengatasi pemain berkelas dari Curacao. Sebab para pemain Curacao diketahui membela klub-klub top Eropa. Misalnya, Juninho Bacuna (Birmingham City), Cuco Martina (eks Everton), Leandro Bacuna (eks Aston Villa), Justin Ogenia (FC Eindhoven) hingga Rangelo Janga (CFR Cluj Rumania). *

Komentar