nusabali

Mobil Perpustakaan Keliling Dilengkapi Fasilitas Karaoke

  • www.nusabali.com-mobil-perpustakaan-keliling-dilengkapi-fasilitas-karaoke

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung terus berinovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Salah satunya dengan menambahkan fasilitas karaoke pada mobil perpustakaan keliling. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, I Komang Wisnuadi mengatakan, penambahan fasilitas karaoke itu sesuai konsep perpustakaan berbasis inklusi sosial. Tujuannya, untuk meningkatkan animo membaca siswa dengan cara menghadirkan kegemaran atau potensi mereka. "Dengan konsep tersebut, Mobil Perpustakaan Keliling dituntut untuk berinovasi," ujar Wisnuadi saat ditemui Jumat (22/9).

Dulunya, lanjut dia, mobil itu hanya menyediakan buku bacaan keliling. Kini dilengkapi beberapa fasilitas. Seperti karaoke bagi warga yang senang bernyanyi, disediakan juga media menggambar dan mewarnai, hingga papan catur bagi yang senang bermain catur. "Sehinggs dulu Mobil Perpustakaan Keliling yang terkesan membosankan, kini semakin menarik antusias anak-anak," imbuh Wisnuadi.

Selain untuk meningkatan bakat, kemampuan, dan potensi anak-anak, upaya ini juga dapat memancing mereka untuk membaca berdasarkan bahan literasi yang ada. Untuk saat ini perpustakaan keliling dengan berbagai fasilitias baru ini salah satunya dihadirkan dalam acara car free day setiap Minggu. "Ke depan, kami akan hadir di sekolah maupun di momen-momen kegiatan masyarakat," ujar Wisnuadi.

Pihaknya juga akan mencoba memberikan hadiah langsung yang sederhana kepada anak-anak untuk peningkatan minat baca. Karena anak-anak biasanya ingin usaha mereka mendapatkan apresiasi.*wan

Komentar