nusabali

Camat Densel Temukan Pembuang Limbah Sablon ke Sungai

  • www.nusabali.com-camat-densel-temukan-pembuang-limbah-sablon-ke-sungai

DENPASAR, NusaBali
Camat Denpasar Selatan I Made Sumarsana bersama Tim Satpol PP Denpasar Selatan menyisir pembuang limbah cair di kawasan Sungai Banjar Jaba Jati, Desa Pemogan, Denpasar Selatan, Jumat (23/9).

Penyisiran tersebut dilakukan setelah mendapat laporan, air sungai di kawasan Pemogan mengalami perubahan warna. Dari laporan itu, Sumarsana bersama tim langsung turun ke lapangan menyelusuri sungai hingga ke titik pembuangan. Setelah beberapa jam melakukan penyisiran, didapati seorang pengusaha sablon tengah membuang limbah sablon ke sungai.

Dari pemeriksaan awal yang dilakukan, pengusaha sablon tersebut mengaku terpaksa membuang limbah ke sungai karena tidak mempunyai saluran pengolahan limbah atau septic tank untuk menampung limbah.

“Sampai di lokasi, si oknum tersebut kedapatan tengah membuang limbah sablon ke sungai,” kata Sumarsana. Karena merasa bersalah, oknum pembuang limbah tersebut mengaku siap menghadiri panggilan ke kantor Satpol PP Kota Denpasar pada 26 September mendatang. “Untuk tindakan selanjutnya kami serahkan kepada Satpol PP untuk dilakukan penindakan,” ucap Sumarsana.

Sumarsana menyatakan akan melakukan pendataan pemilik usaha di kawasan tersebut. “Kami bakal mendata lagi warga yang memiliki usaha, terutama sablon, dan memeriksa kelengkapan penampungan limbah mereka,” jelasnya.

Untuk itu, Sumarsana mengajak warga Kecamatan Denpasar Selatan untuk terus menjaga kebersihan sungai, jangan sampai tercemar. *mis

Komentar