nusabali

158 Bintara Siswa Siap Jalani Pendidikan di Rindam

  • www.nusabali.com-158-bintara-siswa-siap-jalani-pendidikan-di-rindam

DENPASAR, NusaBali
Setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi yang sangat ketat akhirnya terpilih 158 Bintara Siswa lulus untuk mengikuti pendidikan di Rindam IX/Udayana.

Mereka merupakan calon prajurit pilihan yang akan ditempa untuk menjaga kedaulatan NKRI. 158 Bintara siswa tersebut mengikuti Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma) di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan, Jumat (23/9).

Dalam sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto yang dibacakan oleh Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Togu Parmonangan yang bertindak sebagai selaku inspektur upacara kemarin mengatakan pendidikan pertama bintara TNI-AD ini merupakan pembentukan dasar-dasar keprajuritan yang akan mengubah status para bintara siswa dari kehidupan masyarakat sipil ke kehidupan militer.

"Sampai pada proses ini tentunya merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Kebanggaan itu harus dibarengi usaha, kerja keras dan semangat yang tinggi serta rasa syukur yang mendalam kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena posisi sebagai Bintara Siswa yang menjadi impian banyak orang di luar sana, telah berhasil diraih," ungkap Pangdam.

Pangdam menegaskan, proses penyesuaian diri memasuki kehidupan baru di lingkungan militer bukanlah hal yang mudah. Sebab, kebiasaan dan norma-norma yang berlaku tidak akan sama dengan kehidupan saat semasih berada di Iingkungan masyarakat sipil. "Saya berharap semoga rangkaian pendidikan yang kalian tempuh selama kurang lebih lima bulan ke depan dapat terlaksana dengan baik, aman, dan lancar," tutur Pangdam.

Kepada para calon prajurit muda ini Pangdam menekankan agar ilmu pengetahuan dan peraturan militer yang diberikan di Lembaga Pendidikan Rindam IX/Udayana dapat dimengerti, dipahami dan dijunjung tinggi. Serangkaian peraturan tersebut wajib dilaksanakan untuk membentuk jiwa dan raga menjadi prajurit TNI AD yang berjiwa Sapta Marga.

"Perhatikan dengan sungguh-sungguh semua materi yang diajarkan dan dilatihkan, baik dalam proses belajar mengajar di kelas, kegiatan fisik di lapangan, maupun pembentukan mental, serta latihan teknik dan taktik dasar keprajuritan. Semua materi tersebut akan sangat berguna dalam penyesuaian diri dan membentuk kalian menjadi seorang Prajurit TNI Angkatan Darat," tegas Pangdam. *pol

Komentar