nusabali

Muay Thai Summer Fights Seri 3, Ajang Olahraga Beladiri dan Sport Tourism

  • www.nusabali.com-muay-thai-summer-fights-seri-3-ajang-olahraga-beladiri-dan-sport-tourism
  • www.nusabali.com-muay-thai-summer-fights-seri-3-ajang-olahraga-beladiri-dan-sport-tourism
  • www.nusabali.com-muay-thai-summer-fights-seri-3-ajang-olahraga-beladiri-dan-sport-tourism
  • www.nusabali.com-muay-thai-summer-fights-seri-3-ajang-olahraga-beladiri-dan-sport-tourism

MANGUPURA,NusaBali.com - Setelah sukses digelar pada bulan Februari dan Juni 2022, kini Muay Thai Summer Fights Seri 3 bersiap digelar kembali di GOR Segara Perancak, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, pada Sabtu (24/9/2022) mulai pukul 16.00 Wita.

Dengan kembalinya Bali menjadi tuan rumah ajang pertarungan olahraga beladiri keras asal negara Thaliand tersebut. 

Kini Pulau Dewata juga telah kedatangan para petarung handal yang tidak hanya berasal dari Bali saja, tetapi beragam daerah di Indonesia juga turut serta, mulai dari Surabaya, Jakarta, Batam dan Malang, hingga satu peserta berasal dari luar negeri, yakni Swiss.

“Dengan terselenggaranya Summer Fights ini di Bali, diharapkan dapat menjadi sport tourism yang memikat wisatawan mancanegara untuk datang ke Bali dan menonton pertunjukan ini,” ungkap Marcos Manurung selaku promotor, saat jumpa pers kepada awak media, Jumat (23/9/2022) siang.

"Selain itu event Summer Fights selalu berkomitmen untuk menjunjung tinggi dalam mempromosikan semua nilai-nilai positif, hal ini tentu dapat memberikan contoh yang baik dan konstruktif di masyarakat. Dan ajang ini diharapkan mampu menjadi representasi Indonesia di dunia Internasional yang saat ini belum ada," lanjut Marcos.

Sebelum sesi jumpa pers, dipagi harinya telah diadakan penimbangan berat badan peserta dan penentuan di kelas mana para petarung akan berlaga.

"Prosesi timbang badan (weight in) ini terbuka untuk umum, dimana para petarung akan bertatap muka dengan lawan untuk pertama kalinya," tambah Marcos.

Proses penimbangan berat badan para petarung ini juga disaksikan langsung  oleh wasit dan juri yang akan memimpin laga yaitu, Yan Yan Iman Setiana dan Dido Agusmal dari Muay Thai Profesional Indonesia (MPI).

Selain itu, para petarung juga telah mengikuti tes kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter sebagai pihak yang mengeluarkan pernyataan resmi atas kesehatan dan kesiapan mereka untuk mengikuti pertandingan.  

Dalam event yang akan diadakan untuk ketiga kalinya ini, akan unjuk kekuatan total 18 petarung, terdiri 12 Petarung kelas Pro yakni Fahri (Bali MMA), Cep Holik (Syllabus MMA), Marton ( Rumble Fight Team), Rahman (Beat Up Camp), Jamus (Rumble Fight Team), Raymond (Team Zando), Arif ( Reborn TC), Maruli ( Dee Muay Thai ), Yohanes ( Beat Up Camp), Jemito (Dee Muay Thai), Yodenius (Vitka Muay Thai) dan Abilio (Lions MMA). 

Serta 6 Petarung Kelas Semi Pro yakni  Mesuiko (Rumble Fight Team), Nadja (Dee Muay Thai), Baharudin (O Muay Thai), Badi (Team Zando), Fuad (Team Zando) dan Kevin (Lions MMA). 

"Di ajang pertarungan kali ini menjadi spesial, karena juga akan menentukan petarung-petarung mana saja yang akan memperebutkan Sabuk Kejuaraan Nasional Muay Thai Profesional Indonesia yang rencananya digelar pada bulan Desember mendatang.” tutur Marcos

Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak Pemerintah, yang telah mempermudah segala proses mulai perizinan hingga lainnya sehingga penyelenggaraan acara ini dapat sukses ke depannya.

Sementara dalam gelaran ini akan menampilkan 9 laga pertarungan yang terdiri dari 3 laga Semi Pro dan 6 laga Pro, di salah satu tarung Semi Pro  akan diramaikan penampilan dua petarung wanita yang akan beradu jotos diatas ring dan hal ini menjadi pertandingan pertama bagi petarung wanita dalam event Summer Fights.


Mereka adalah Anisa Mesuiko dari Rumble Fight Team dan Nadja dari Dee Muay Thai, penampilan mereka berdua tentunya menjadi daya tarik tersendiri pada gelaran ini. 

Hal tersebut menjadi bukti bahwa olahraga beladiri ini bisa dinikmati dan dilakukan oleh siapa saja tidak hanya kaum lelaki.

"Saya telah menjalani program training Muay Thai selama 2 tahun terakhir dan menemukan kenikmatan tersendiri dalam olahraga beladiri ini," terang Anisa Mesuiko.

Menurut gadis kelahiran Madura 21 Mei 1997 yang bernama asli Annisa Nur Rahmania mengatakan, olahraga Muay Thai memberikan beragam manfaat, seperti meningkatkan pertahanan diri dari tindak kejahatan serta dapat juga menunjang kesehatan tubuh, menjaga stamina, kebugaran secara menyeluruh dan mampu meningkatkan kekuatan, kecepatan serta daya tahan.

"Dan untuk menghadapi laga esok, saya telah siap karena sudah melakukan persiapan secara maksimal, sebab pertarungan ini menjadi ajang perdana saya di kelas Semi Pro, harapannya setelah menimba pengalaman di sini, bisa berjenjang menuju kelas profesional," ujarnya  bersemangat.

Sementara sang lawan yang dihadapi Nadja Zeller yang berasal dari Swiss  mengakui telah menggeluti dunia olahraga beladiri keras ini sejak tiga tahun lalu dan juga telah melakukan persiapan baik secara fisik dan mental untuk pertarungan ini.*aps

Komentar