nusabali

Lomba Mini Vlog Kebudayaan Meriahkan HUT Ke-13 Mangupura

  • www.nusabali.com-lomba-mini-vlog-kebudayaan-meriahkan-hut-ke-13-mangupura

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung menggelar lomba Mini Vlog serangkaian menuju HUT Ke-13 Mangupura tahun 2022.

Lomba yang ditujukan khusus untuk Sekaa Teruna di Gumi Keris. Kadisbud Badung I Gde Eka Sudarwitha, mengatakan lomba mini vlog dengan tema ‘Aku dan Pesona Budaya Badung’ ini merupakan suatu wadah untuk mengasah kreativitas generasi muda di Badung. Di samping juga menanamkan nilai-nilai kebersamaan, persatuan, dan membangun sinergitas. Dalam hal ini, lomba mini vlog dipilih karena dinilai sejalan dengan minat generasi milenial dan Gen Z di era digital, yakni membuat konten-konten yang menarik.

“Ini sesuai dengan arahan dari Bapak Bupati untuk peringatan Mangupura yang juga dirangkai dengan peringatan besar hari nasional lainnya seperti 17 Agustus, Hari Kesaktian Pancasila, dan Sumpah Pemuda, maka kami mencoba memberikan wadah bagi Sekaa Teruna untuk membuat mini vlog kebudayaan,” katanya, Jumat (22/9).

Hingga saat ini, Sudarwitha mengatakan sudah lebih dari 20 peserta yang mendaftar. Adapun sub tema yang diangkat, antara lain kesenian tradisional, adat dan tradisi, serta situs warisan dan cagar budaya benda-tak benda seperti pura, arca, lontar dan kesenian langka. “Untuk pesertanya yang jadi kreator mungkin perorangan, tapi membawa nama Sekaa Teruna. Materinya harus tentang tradisi atau budaya yang ada di wilayahnya masing-masing. Pendaftaran masih diperpanjang hingga 29 September 2022 dan Technical Meeting pada 20 September 2022,” kata mantan Camat Petang ini.

Lanjut dikatakan, untuk proses pembuatan karya akan diberikan waktu sesuai hasil technical meeting. Diperkirakan, pada minggu ketiga Oktober 2022, akan mulai dilakukan kurasi terhadap konten mini vlog para peserta. “Ada beberapa kriteria penilaian lomba seperti originalitas, teknik pengambilan gambar, penyampaian pesan pada vlog, kesesuaian tema, kejelasan alur, dan penerimaan karya di media sosial. Karena karya yang dilombakan akan diupload di masing-masing instagram peserta,” jelasnya. *ind

Komentar