nusabali

2022, Festival Nusa Penida Ditiadakan

Klungkung Promosi Pariwisata di Bioskop dan Medsos

  • www.nusabali.com-2022-festival-nusa-penida-ditiadakan

Iklan digital tentang promosi pariwisata Klungkung dengan melibatkan bintang tamu artis Indah Kalalo.

SEMARAPURA, NusaBali

Pelaksanaan event Nusa Penida Festival yang dicanangkan pada Oktober 2022, akhirnya ditiadakan. Anggaran ferstival yang terbatas akibat terkena refocusing tersebut,  dialihkan untuk promosi parwisata secara digital.

Kabid Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Klungkung, Ida Ayu Pujiastuti mengatakan Nusa Penida Festival merupakan bagian promosi pariwisata secara langsung berupa event. Namun, karena kondisi anggaran yang terbatas akibat dampak pandemi Covid-19, maka promosi ini dilakukan secara digital. Yakni, berupa penayangan video pariwisata Kabupaten Klungkung ke sejumlah bioskop ternama di Indonesia. "Kami buat semacam iklan digital tentang promosi pariwisata Klungkung dengan melibatkan bintang tamu artis Indah Kalalo," kata Ida Ayu Pujiastuti, belum lama ini.

Selanjutnya video iklan pariwisata dengan durasi sekitar 4 menit itu akan tayang sebelum film di bioskop dimulai. Dalam hal ini, pihaknya sudah menentukan rating film yang memang ramai penonton. Dengan sasaran para wisatawan domestik yang belum pernah datang ke Klungkung, termasuk Nusa Penida.

Selain itu, video iklan promosi pariwisata Klungkung itu juga ditayangkan lewat media sosial, salah satunya di Youtube. Sehingga para wisatawan mancanegara juga bisa mengakses. Promosi juga dimaksimalkan lewat media online. "Keseluruhan anggaran untuk promosi digital ini sekitar Rp 150 juta," kata pejabat asal Banjar Bale Agung, Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini. Untuk promosi pariwisata, tahun depan baru dirancang secara langsung, baik dalam event Nusa Penida Festival maupun Festival Semarapura.

Sebagaimana diketahui, Festival Nusa Penida terakhir digelar tahun 2019, kemudian terhenti selama dua tahun akibat pandemi. Namun, setelah pandemi Covid-19 melandai event tahunan Festival Nusa Penida, Klungkung, sempat kembali dicanangkan tahun ini dengan mengandalkan dana APBD. "Untuk anggaran memang sudah dipasang, namun kena refocusing APBD 2022 ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Anak Agung Putra Wedana. *wan

Komentar