nusabali

Stok Vaksin Covid-19 di Gudang Farmasi Tabanan Habis

  • www.nusabali.com-stok-vaksin-covid-19-di-gudang-farmasi-tabanan-habis

TABANAN, NusaBali
Stok vaksin Covid-19 di Cold Room UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Tabanan kosong.

Saat ini Tabanan masih menunggu pasokan dari Provinsi Bali. Di sisi lain capaian vaksinasi di Tabanan sudah tinggi.  Stok vaksin kosong sudah terjadi sejak Minggu (18/9). Di sejumlah puskesmas ketersediaan vaksin masih ada, namun sudah terjadwal untuk vaksinasi. Sehingga jika ada yang ingin mengajukan vaksinasi baru, harus menunggu.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Susila, mengatakan saat ini Tabanan tengah menunggu pasokan vaksin dari Provinsi Bali. “Stok vaksin di gudang sudah kosong,” kata dr Susila, Selasa (20/9).

Dengan kondisi itu, Dinas Kesehatan sudah melakukan pengamprahan vaksin dan menunggu pasokan dari Provinsi Bali. “Meskipun di gudang kosong, di beberapa puskesmas vaksin masih ada namun sudah terjadwal. Kalau ada yang ingin vaksinasi baru, belum bisa,” ucap dr Susila.

Sementara itu capaian vaksinasi baik vaksinasi I, vaksinasi II, dan vaksinasi booster di Tabanan sudah tinggi. Data terbaru vaksinasi I mencapai 98,62 persen, vaksinasi II sekitar 93,07 persen, vaksinasi III atau booster 74,52 persen, dan vaksinasi IV atau booster II untuk tenaga kesehatan sekitar 81,40 persen.

Namun dr Susila mengakui meskipun sudah mencapai prosentase tinggi, masih ada yang belum melaksanakan vaksinasi karena sejumlah faktor. Utamanya adalah sedang sakit berat. “Ada juga yang masih menunggu rentang waktu untuk disuntik dari vaksinasi sebelumnya,” tandas dr Susila. *des

Komentar