nusabali

Sidak Orang Asing Nihil Temuan

  • www.nusabali.com-sidak-orang-asing-nihil-temuan

MANGUPURA, NusaBali
Aparat Polsek Mengwi bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Wilayah Bali melalui wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Denpasar gelar operasi gabungan, Rabu (20/9) pagi.

Tim dari Imigrasi dipimpin oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasiwasdakim), Yudistira Yudha Pratama. Sementara dari Polsek Mengwi dipimpin oleh Kanit Intelkam Polsek Mengwi Iptu I Gusti Raka Darma Putra.

Selain melibatkan anggota Polri, operasi untuk memeriksa dokumen orang asing yang tinggal di wilayah Kecamatan Mengwi, Badung juga melibatkan aparat TNI, aparat dari Kecamatan Mengwi, Satpol PP, para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Mengwi.

Sebelum turun ke lapangan, tim gabungan ini melaksanakan rapat konsolidasi diruang rapat Kantor Desa Cemagi dipimpin oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian. Selesai melaksanakan konsolidasi, tim bergerak menuju PT Udara Bali Yoga di Banjar Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung dan Jungle Padel di Banjar Tiying Tutul, Desa Pererenan.

Di dua lokasi tersebut di atas, tim melakukan pengecekan dokumen orang asing. Semua orang asing di sana tidak ada yang ditemukan melanggar dokumen keimigrasian. Namun demikian, aparat gabungan tetap menyampaikan sosialisasi untuk segera melengkapi administrasi selama tinggal di wilayah Kecamatan Mengwi dan Bali pada umumnya jika sudah habis masa berlaku dan lainnya.

Kanit Intelkan Polsek Mengwi, Iptu I Gusti Raka Darma Putra dikonfirmasi usai kegiatan mengatakan dilaksanakannya kegiatan operasi gabungan ini untuk menertibkan administrasi bagi orang asing selama tinggal di wilayah hukum Polsek Mengwi

Lebih jauh dijelaskan, Polsek Mengwi melalui Unit Intelkam dan bekerja sama dengan pemerintah desa melakukan pendataan dan penertiban administrasi kependudukan kepada orang asing. "Setiap orang asing yang masuk dan keluar di wilayah Hukum Polsek Mengwi selalu didata," tuturnya. *pol

Komentar