nusabali

PIPK IPB Internasional Pacu Produktivitas Petani Tanaman Hias di Desa Petiga

  • www.nusabali.com-pipk-ipb-internasional-pacu-produktivitas-petani-tanaman-hias-di-desa-petiga

DENPASAR, NusaBali.com - Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional atau yang dikenal dengan IPB Internasional berhasil memenangkan dana hibah kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dana hibah ini diberikan oleh Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi dengan skim Penerapan IPTEK Pengembangan Kewilayahan (PIPK) yang merupakan salah satu bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu darma pengabdian. 

PIPK ini didanai oleh DIPA Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Kegiatan PIPK ini dilaksanakan di Desa Petiga Marga Tabanan dengan tajuk ‘PIPK pada Petani Tanaman Hias di Desa Petiga.’ 

Kegiatan PIPK diawali dengan melakukan audiensi atau penjajakan dengan Kepala Desa Petiga I Wayan Sugita, petani tanaman hias, dan tokoh masyarakat ke Desa Petiga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan pada Sabtu (8/1/2022). 

Dari audiensi ini terungkap kendala yang dihadapi oleh petani tanaman hias, dan dasar pemilihan Desa Petiga sebagai lokasi PIPK. 

Kegiatan ini dilaksanakan selama delapan bulan,  dimulai dari Mei  hingga Desember mendatang dengan melibatkan empat kelompok mitra, yaitu Kelompok Tani Tanaman Hias Guna Sari, KSU Guna Sari, KWT Mekar Sari, dan Simantri Sekar Pasti Wangi

Ketua Tim Pelaksana kegiatan Dr I Wayan Eka Mahendra SPd MPd, dosen prodi S2 Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata (TP3) yang juga Kepala LP2M IPB Internasional dengan anggota tim pelaksana Dr I Made Darsana SE MM (IPB Internasional), I Gede Nyoman Suta Waisnawa S ST MT (Politeknik Negeri Bali), Dr I Made Citra Wibawa SPd MPd (Undiksha), dan N Putri Sumaryani SP MMa (UPMI). 

Kegiatan yang dilaksanakan memperoleh dana dari pusat sebesar Rp 180.045.000  dengan melibatkan 4 mahasiswa jurusan DIV MPH dan 2 Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali.  

Kegiatan PIKP ini diawali FGD dengan kelompok mitra dan tokoh masyarakat tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. Ada lima poin pelaksanaan kegiatan PIPK yang dilakukan dalam menunjang produktivitas petani tanaman hias. 


Melalui metode PALS (participatory action learning system), metode Enthrepreneurship Capasity Building (ECB), Technology Transfer (TT), menerapkan Teknologi Tepat Guna (TTG), metode persuasif dan metode edukatif.

Program PIPK berupaya mengatasi permasalah para petani dengan melaksanakan kegiatan berupa: 
1) pengadaan greenhouse untuk penataan stok produksi, 
2) pengadaan alat-alat produksi, 
3) pelatihan dan pendampingan aliran kas dan keuangan, 
4) seminar dan pendampingan budidaya tanaman dan sayur serta pemasarannya, dan 
5) pembuatan instalasi bio urine.

Greenhouse diberikan untuk kelompok tani tanaman hias sebanyak 13 unit di tahun pertama, alat-alat produksi berupa 10 arco, 40 sabit, 5 sekop, 5 cangkul untuk petani tanaman hias, KWT dan simantri, 1 perangkat komputer dan program perkoperasian untuk KSP Guna Sari, 1 buah instalasi bio urine untuk Simantri Sekar Pasti Wangi. 

Sementara itu pelatihan pemasaran dan budidaya diberikan kepada kelompok tani tanaman hias dan ibu-ibu KWT yang difasilitasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan. 

Masyarakat antusias mengikuti kegiatan dan menyambut positif semua kegiatan yang dilakukan. Pendapatan petani juga meningkat hamper 15-20% per bulannya dari penjualan tanaman hias.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Desa Petiga yang telah mendukung kegiatan PIPK ini. Juga terima kasih kepada Kepala Desa Petiga I Wayan Sugita yang telah memfasilitasi tempat pelaksanaan kegiatan seminar dan pelatihan,” kata  Ketua Tim PIPK Dr I Wayan Eka Mahendra SPd MPd.

Di sisi lain Kepala Desa Petiga juga menyampaikan terima kasih kepada IPB Internasional yang telah melaksanakan kegiatan PIPK di Desa Petiga dan berharap kegiatan ini dilanjutkan untuk tahun berikutnya.

Ditemui secara terpisah, Rektor IPB Internasional, Dr I Made Sudjana SE MM mengucapkan terima kasih kepada Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah mendanai kegiatan PIPK di Desa Petiga yang dimenangkan oleh dosen IPB Internasional dan juga kepada Kepala Desa Petiga dan seluruh masyarakat Desa Petiga atas kerjasamanya, sehingga kegiatan PIPK ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Komentar