nusabali

Ceceran Solar Picu Kecelakaan

  • www.nusabali.com-ceceran-solar-picu-kecelakaan

MANGUPURA, NusaBali
Ceceran solar di Jalan Dharmawangsa, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Selasa (20/9) menyebabkan sejumlah pengendara mengalami kecelakaan.

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian itu. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Badung diterjunkan untuk membersihkan ceceran solar tersebut. Kepala Seksi Trantib Kecamatan Kuta Selatan, Kadek Agus Alit Juwita, mengatakan ceceran solar persis berada di tanjakan Jalan Dharmawangsa. Ceceran solar itu baru diketahui pada pukul 06.30 Wita. Hal ini setelah adanya seorang wanita yang mengendari sepeda motor terjatuh lantaran jalanan licin. “Setelah mendapat laporan dari warga sekitar, pihaknya bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) BKO Kecamatan Kuta Selatan dan Linmas Desa Kutuh, kami langsung turun ke lapangan,” katanya.

Menurut Kadek Juwita, tim di lapangan juga langsung berkoordinasi dengan sejumlah instansi dan mendatangkan satu pick up pasir untuk menutupi ceceran solar. Langkah ini sebagai upaya awal agar tidak ada korban yang mengalami kecelakaan. “Awalnya dilakukan penjagaan di sana dan menabur pasir dahulu. Baru setelah itu dikoordinasikan dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk melakukan pembersihan,” jelasnya.

Setalah tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan datang ke lokasi dan mengerahkan 1 unit mobil pemadam, akhirnya ceceran solar itu dibersihkan dengan air dan kondisi sudah kembali seperti sediakala. Penanganan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

Kadek Juwita mengaku sepengetahuannya ceceran oli di jalan khusus di Jalan Dharmawangsa baru pertama kali. Namun tidak dipungkiri, hal serupa pernah terjadi pada beberapa titik lain di wilayah Kecamatan Kuta Selatan. “Memang beberapa kali itu terjadinya di titik-titik tanjakan. Tapi untuk di Jalan Dharmawangsa baru kali ini terjadi,” sebutnya.

Terkait mobil yang menimbulkan ceceran solar, Kadek Juwita mengaku belum diketahui secara pasti. Meski demikian, dia berharap kejadian itu tidak terulang kembali ke depannya. Hal ini dikarenakan sangat membahayakan pengguna jalan. “Tidak diketahui pasti sumber dari tumpahan solar itu. Ini yang harus dilakukan pemeriksaan mendalam. Saya berharap kejadian ini tidak terulang lagi,” harap Kadek Juwita.

Sementara, Kapolsek Kuta Selatan Kompol I Ketut Sugiarta Yoga, juga membenarkan adanya ceceran solar di Jalan Dharmawangsa hingga menyebabkan seorang wanita yang tengah mengendari sepeda motor terjatuh. Namun, setelah dibersihkan lalulintas kembali normal. “Sempat beberapa saat kendaraan yang lewat di lokasi untuk tidak melintasi aspal yang kena tumpahan minyak. Hanya beberapa saat kemudian jalan kembali bisa digunakan setelah dibersihkan petugas,” katanya. Hingga kemarin sore aparat Polsek Kuta Selatan, masih mendalami dari mana asal muasal ceceran solar tersebut. *dar, pol

Komentar