nusabali

STY Langsung Pimpin Timnas Senior

Marselino ke Bandung Bersiap Lawan Curacao

  • www.nusabali.com-sty-langsung-pimpin-timnas-senior

Tim kepelatihan Timnas Senior, termasuk STY terbang dari Surabaya ke Bandung. Dua pemain Timnas U-20, Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferrari akan bersama Timnas Senior untuk FIFA Matchday.

BANDUNG, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) tidak punya waktu untuk beristirahat. Setelah meloloskan Timnas U-20 ke Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada Minggu (18/9), STY langsung bertolak ke Bandung dari Surabaya pada Senin (19/9) pagi untuk menangani Timnas Senior.

Pelatih asal Korea Selatan itu menggelar latihan pertama Timnas Senior pada Senin Stadion Persib Sidolig, Bandung, Jawa Barat. Latihan itu untuk mematangkan persiapan menjalani FIFA Matchday alwan Curacao sebenyak dua kali.

Laga pertama pada Sabtu (24/9), di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Lalu partai keduanya di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, tiga hari berselang atau Selasa (27/9).

Asisten pelatih timnas U-20, Nova Arianto mengatakan, tim kepelatihan untuk Timnas senior, termasuk Shin Tae-yong terbang dari Surabaya ke Bandung pada hari Senin. "Nanti semua pemain Timnas Indonesia akan hadir," kata Nova.

Sementara itu, pemain muda Indonesia Marselino Ferdinan juga langsung fokus bersama Timnas senior untuk laga FIFA Matchday.

Hal itu dilakukan usai tuntas membela Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20. Pemain Persebaya Surabaya itu tak punya waktu berleha-leha, sama seperti STY dan rekannya di Timnas U-20 Muhammad Ferrari. Mereka punya waktu tiga hari mempersiapkan diri bersama Timnas Garuda.

"Saya tidak ingin muluk-muluk. Saya cuma ingin berikan yang terbaik saja buat negara. Saya ingin bertanding yang terbaik di depan coach dan lainnya," kata Marselino.

Hal yang sama juga diungkapkan Ferarri (19 tahun). Menurut kapten Timnas U-20, dirinya akan mengikuti jalannya untuk memberikan penampilan terbaik.

Berbeda dengan Marselino, pemanggilan itu jadi yang perdana bagi Ferarri. Dia berpeluang melakoni debut pada FIFA Matchday ini bersama Timnas senior.

STY telah mengumumkan daftar pemain untuk menghadapi Curacao pada FIFA Matchday. Dari 23 nama, STY belum mengikutsertakan Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sebagian besar pemain yang dipanggil adalah langganan Timnas, seperti Nadeo Argawinata, Ricky Kambuaya, Fachruddin Aryanto, dan Marc Klok.

STY juga memanggil enam pemain yang bermain di luar negeri, yakni Asnawi Bahar (Ansan Greeners), Elkan Baggott (Gillingham FC), Egy Maulana (FC Vion Zlate Moravce), Saddil Ramdani (Sabah FC), Witan Sulaeman (AS Trencin), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy).

"Para pemain berkumpul pada Senin (19/9) di Bandung dan akan menjalani latihan pertama pada Selasa (20/9)," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Timnas Curacao adalah negara Kepulauan Karibia yang menghuni peringkat ke-84 ranking FIFA. Di sisi lain, Timnas Indonesia di posisi 155 dunia. *

Komentar