nusabali

Komitmen Sekolah Serius, SMAN 2 Denpasar Juara DBL Bali

  • www.nusabali.com-komitmen-sekolah-serius-sman-2-denpasar-juara-dbl-bali

DENPASAR, NusaBali
Tim basket putra SMA Negeri 2 Denpasar menjuarai DBL Bali Series 2022, usai mengalahkan juara bertahan SMAK Soverdi, 59-52, di GOR Ngurah Raih, Denpasar.

Prestasi tersebut tidak terlepas dari pembinaan serius pihak sekolah dengan mendatangkan pelatih berkualitas. Ya, tim yang terdiri dari 11 pemain digembleng sejak awal tahun ajaran 2022/2023. Latihan keras para pemain terbayar dengan permainan bagus sepanjang turnamen termasuk pada saat mengalahkan rival abadi, yakni SMAN 1 Denpasar.

"Melalui olahraga merupakan salah satu pendidikan kami untuk mengembangkan minat dan bakat siswa kami. Dengan begitu suatu saat mereka bisa menjadi atlet profesional," ujar Kepala Sekolah SMAN 2 Denpasar, Ida Bagus Sueta Manuaba, SPd, MPd, Senin (19/9).

Sejumlah alumnus SMAN 2 Denpasar sebagian mampu mencapai jenjang profesional dan meraih prestasi. Seperti pemain timnas basket Gede Elgi Wimbardi.

Sueta Manuaba mengungkapkan para pemain yang memperkuat tim basket DBL tahun ini sebagian para siswa yang masuk SMAN 2 Denpasar melalui jalur prestasi olahraga basket. Enam dari 11 pemain adalah siswa baru atau  kelas X.

Dengan bakat yang dibawa dan pembinaan pihak sekolah, Sueta bersyukur tim basket putra pada akhirnya berhasil kembali membawa pulang gelar yang terakhir diraih pada 2013.  Dia berharap para siswa tidak cepat berpuas diri dengan prestasi ini.

Kepala pelatih Anton Purwo Nugroho, 39, mengungkap sejak awal merasa yakin dengan kualitas anak didiknya menghadapi turnamen DBL Bali Series 2022.  Menurutnya, kualitas pemain merata dan persiapan dilakukan sejak jauh hari, di lapangan basket sekolah dan GOR Ngurah Rai Denpasar.

"Perlu waktu untuk membangun chemistry antarpemain. Tidak cukup hanya sebulan," kata alumnus SMAN 2 Denpasar yang bergabung dengan klub IBL (Indonesian Basketball League) Bima Sakti Malang itu.

Dia mengakui, anak didiknya menggeluti olahraga basket sejak di bangku SMP. Karena itu banyak diantaranya yang bergabung klub basket. Latihan di sekolah dan di klub menjadi kombinasi yang baik sehingga mampu menjadi juara. *cr78.

Komentar