nusabali

Perumda Segera Ganti Pipa Transmisi Catur-Belantih

  • www.nusabali.com-perumda-segera-ganti-pipa-transmisi-catur-belantih

BANGLI, NusaBali
Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli melakukan penggantian pipa transmisi Catur-Belatih, Kecamatan Kintamani.

Proses penggantian masih tahap lelang. Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan, pergantinan jaringan pipa transmisi Catur- Belantih sepanjang hampir 2,6 kilometer. Peremajaan pipa di lokasi tersebut karena tingkat kebocoran sangat tinggi.

Dewa Ratno Suparso Mesi mengatakan, dalam sehari laporan kebocoran terjadi di 2 titik hingga 3 titik. “Tingginya kebocoran karena pipa sudah tua. Sedikit saja tekanan air naik pasti terjadi pipa bocor,” ungkap Dewa Rono, sapaan akrab Dewa Ratno Suparso Mesi, Senin (19/9). Perumda Tirta Danu Arta Bangli melakukan pengadaan 442 pipa. “Anggaran pengadaan 442 pipa lengkap aksesoris dan pemasangan Rp 2,4 miliar,” ungkapnya.

Pengadaan pipa melalui layanan pengadaan barang jasa Perumda Tirta Danu Arta. Imbas perusahaan belum full cost recovery (tarif yang dikenakan masih di bawah harga pokok produksi) maka dalam pembayaran pengadaan dan pemasangan pipa dilakukan dengan cara mengangsur selama 15-20 bulan. Saat lelang, ada item tentang pembayaran mencicil. “Jika lelang berjalan lancar atau sudah ada pemenang maka kegiatan sudah bisa dimulai awal Oktober 2022 dengan masa pengerjaan selama 60 hari kalender,” jelas Dewa Rono.

Dewa Rono menyampaikan, kondisi pipa di Kecamatan Kintamani dan kota Bangli sudah tua dan rawan bocor. Namun peremajaan pipa tidak bisa sekaligus karena keuangan terbatas. Estimasi biaya untuk peremajaan pipa di kota Bangli Rp 40 miliar. “Peremajaan bertahap karena keuangan terbatas,” tegas Dewa Rono. *esa

Komentar