nusabali

Rai Wahyuni Sanjaya Dukung Kebangkitan UMKM Desa Gadungan

  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-sanjaya-dukung-kebangkitan-umkm-desa-gadungan

TABANAN, NusaBali
Untuk selalu bersinergi dan mendukung program Pemkab Tabanan, Ketua TP PKK Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan mendampingi Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, berkantor di Desa Gadungan, Selemadeg Timur  pada Senin (19/9).

Kegiatan ini sekaligus memberikan dukungan moril terhadap kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Gadungan. Giat berkantor di desa ini menjadi komitmen Bupati Tabanan yang terus dilakukan secara bergilir di 133 Desa yang ada di Kabupaten Tabanan, dengan tujuan untuk menyampaikan visi dan misi Kabupaten Tabanan, menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), sehingga pembangunan di desa dan kabupaten dapat sejalan dan selaras. Rutinitas berkantor di desa ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat di Pemkab Tabanan.

Dalam kegiatan berkantor di kantor Desa, Rai Wahyuni Sanjaya mendampingi bupati meninjau produksi tani Desa Gadungan yakni potensi produksi jagung, mulai dari panen hasil pertanian hingga fasilitas pengolahan. Di samping itu juga melakukan pemantauan terhadap proses pengemasan dan pengiriman ke pembeli secara langsung.

Di kesempatan itu, juga berlangsung pameran UMKM Desa Gadungan, yang menampilkan potensi-potensi hasil tani jagung yang dimanfaatkan dan diolah ke bentuk lainnya, seperti beras jagung, oot/dedak jagung, jagung pecah sebagai pakan ayam, jagung bijian kering, jagung ocean, jagung tongkol hingga tongkol giling sebagai pakan sapi. Harga jualnya pun bervariasi, mulai dari Rp 2.000 per kilogram hingga Rp 6.000 per kilogram.

“Ada inovasi-inovasi baru. Jagung tidak sekadar dikonsumsi langsung tapi juga diolah menjadi makanan ternak, itu merupakan salah satu terobosan luar biasa,” pujinya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Gadungan, Muliartana, menyampaikan terima kasih dari masyarakat Desa Gadungan atas peran Ketua TP PKK Tabanan dalam kebangkitan UMKM di Desa. “Terima kasih kepada Ibu Bupati atas perhatiannya dan senantiasa memberikan dukungan moril kepada masyarakat, khususnya kebangkitan UMKM di Desa Gadungan ini bisa berjalan dengan baik," ujar Muliartana. *des

Komentar