nusabali

Lahan Kering Liligundi Dilalap Api

  • www.nusabali.com-lahan-kering-liligundi-dilalap-api

SINGARAJA, NusaBali
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Buleleng, menangani kebakaran lahan di Kelurahan Liligundi, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Senin (19/9) sekitar pukul 13.00 Wita.

Kebakaran terjadi di lahan kering di seberang Jalan Raya Batu Karu, dengan luas lahan terbakar mencapai 1 are. Kepala Dinas Damkar Buleleng, Made Subur menyampaikan, pihaknya mengerahkan 2 unit armada dengan 10 anggota pemadam dari Pos Induk dan Pos II Kubutambahan. "Api berhasil kami padamkan selama 15 menit sebelum merambat ke seluruh lahan. Adapun lahan yang terbakar luasnya mencapai 1 are lahan kering," ujarnya.

Made Subur memastikan tidak ada korban ataupun kerugian materiil dari peristiwa kebakaran ini. Mengingat lokasi kebakaran cukup berjarak dengan pemukiman warga. "Menurut informasi di lapangan, kebakaran terjadi diduga akibat kelalaian warga, lebih lanjut masih dilakukan penyelidikan. Tidak ada kerugian dan korban luka dalam kejadian ini," imbuh dia.

Menurutnya, musim kemarau berpotensi memicu lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar mudah terbakar. Dalam hal ini, pihaknya pun mengimbau masyarakat lebih berhati-hati untuk mengantisipasi kejadian serupa.

"Untuk itu, kami imbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan. Kemudian jangan membuang puntung rokok sembarangan bisa menyebabkan kebakaran lahan," pesan Subur. *mz

Komentar